Lagi Musim Sakit Gondongan, Apa yang Harus Dilakukan?

By , Selasa, 28 Februari 2017 | 04:00 WIB
Tips Mendidik Anak Hiperaktif di Sekolah (Nova)

Minggu-minggu ini kita banyak mendengar kabar anak sakit gondongan. Di sekolah, satu per satu izin tidak masuk karena gondongan. Lagi musim sakit gondongan seperti ini, apa yang harus dilakukan?

Mumps atau Parotitis, yang lebih dikenal dengan nama gondongan sering kali menyerang anak-anak. Gondongan adalah penyakit yang menyebabkan kelenjar parotid atau kelenjar yang memproduksi air liur mengalami pembengkakan.

Biasanya gondongan disebabkan oleh infeksi virus. "Gondongan itu penyebabnya virus," jelas dr. Dian Permatasari, M. Gizi, SpGK.,  kepada Nova.id saat ditemui di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Baca: Jangan Anggap Sepele Gondongan

Infeksi virus memang perlu diwaspadai. Seseorang bisa terinveksi virus, karena daya tahan tubuhnya menurun akibat asupan makanan yang tidak cukup dan faktor cuaca.

"Infeksi virus itu biasanya karena daya tahan tubuh yang turun. Macam-macam sih, bisa karena terlalu capek, cuaca, makannya kurang," imbuhnya. Karena penyebabnya virus, maka penularannya pun mudah.

Antisipasi yang dilakukan orang tua adalah memberikan anak asupan gizi seimbang dan istirahat cukup. Bila ada temannya di sekolah terserang gondongan, sebaiknya minta pada guru untuk memberikan izin tidak masuk sekolah supaya tidak menular pada yang lain.

Namun, bila anak sudah terserang gondongan, segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.