Denny Malik Persembahkan Tarian Zapin Sumatera Untuk Raja Salman

By Firli Athiah Nabila, Rabu, 1 Maret 2017 | 03:00 WIB
Denny Malik ikut menyambut kedatangan Raja Salman dengan persembahan tarian (Firli Athiah Nabila)

Kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud begitu dinantikan. Segala hal pun sudah dipersiapkan demi menyambut Raja Salman. Termasuk serangkaian acara penyambutan berupa tarian.

Salah satu koreografer Indonesia, Denny Malik mengaku diminta langsung oleh Presiden Jokowi. Saat dihubungi melalui telepon, Selasa (28/2/2017) malam, Denny mengatakan telah menyiapkan tarian-tarian spesial untuk acara penyambutan tersebut.

"Satu tarian untuk jamuan makan siang, itu namanya tarian Zapin Sumatera. Sentuhan melayu Sumatera dengan Arab. Zapin kan juga asalnya dari Arab, kita kan juga banyak pengaruh dari Arab kan musik-musik Melayu kita," ujar Denny Malik.

Koreografer yang juga penyanyi lawas itu juga bakal menampilkan 50 pemusik dan penari yang disebut sebagai Tari Rampak Gendang Nusantara. "Di situ ada alat tetabuhan, perkusi, namanya dol, gendang besar dari Bengkulu. Ada shalawat juga, tapi aku bikin dinamis dengan irama cepat, banyak gerakan kaki, hentakan," kata Denny Malik.

Lantaran diminta dadakan, Denny Malik hanya tiga hari melakukan latihan bersama timnya. "Baru seminggu dihubungi, makanya saya bilang tadi alhamdulillah kebetulan saya punya stok Tari Zapin, Tari Melayu saya sudah punya, kostum sudah ada. Alhamdulillah bisa kita tampilin," tutur Denny Malik.