6 Alasan Mengapa Kebiasaan Bangun Jam 6 Pagi Baik untuk Kesehatan

By Dionysia Mayang, Jumat, 3 Maret 2017 | 03:30 WIB
Coba 5 Trik Jitu Agar Tidak Terlambat Bangun Sahur (Dionysia Mayang)

Biasanya, orang akan menghubungkan alasan bangun pagi dengan rezeki dan keberuntungan yang lebih baik dibanding bangun lebih siang. Padahal, lebih dari itu, ada begitu banyak manfaat dari kebiasaan bangun di pagi hari. Misalnya, ketika jam biologis tubuh terbiasa dengan bangun di jam 6 pagi, setiap harinya.

Seorang blogger bernama Eghosa Aihie juga membagikan 6 alasan berikut agar kita lebih termotivasi untuk bangun pagi. Apa saja itu?

1. Lebih Banyak Waktu untuk Fokus pada Tujuan

Kebanyakan orang tak mampu mencapai target hanya karena mengalami gagal untuk fokus pada tujuan kegiatannya. Itu sebabnya kita akan sangat mudah terdistraksi atau terganggu bila tidak memikirkan dengan matang rencana harian kita.

Nah, penelitian telah lama membuktikan bahwa otak akan bekerja lebih efektif pada 6 jam pertama kita setelah bangun tidur. Maka, gunakan waktu ini sebaik-baiknya untuk mengontrol hidup kita dan jangan biarkan emosi yang mendominasi suasana hati di awal hari.

2. Saatnya Merencanakan Agenda

Dengan bangun lebih awal, kita jadi bisa memiliki waktu lebih untuk mengagendakan kegiatan kita setiap harinya. Semakin pagi kita beranjak dari tempat tidur, semakin efektif dan produktif kita menghabiskan waktu.

3. Bisa Berolahraga Sebelum Bekerja

Siapa bilang kita harus terburu-buru ke kantor segera setelah bangun tidur? Banyak orang mengeluh bahwa mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk bersama keluarga, hiburan, dan berolahraga.

Nah, dengan bangun pukul 6 pagi, memberi kita kesempatan untuk berolahraga sejenak. Berolahraga di pagi hari juga baik, karena memicu hormon endorfin yang berfungsi untuk membuat kita semangat beraktivitas.

4. Terbiasa Sarapan

Bangun pagi juga mendorong kita untuk terbiasa sarapan yang juga penting selain makan siang dan makan malam. Bangun pagi setidaknya beberapa jam sebelum beranjak ke kantor akan memberi kita waktu cukup untuk sarapan.

Penelitian dari John Hopkins Bloomberg School of Public Health menunjukkan bahwa sarapan dengan nutrisi yang lengkap membuat kesehatan kita makin terjaga.

5. Orang Sukses Bangun Pagi

Coba lihat kebiasaan-kebiasaan orang sukses dunia. Pasti mereka terbiasa untuk bangun pagi dan memulai aktivitasnya lebih awal dari kebanyakan orang.

6. Bikin Lebih Percaya Diri

Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan bangun lebih awal membantu kita memaksimalkan potensi diri kita. selain itu, juga bisa menambah kepercayaan diri kita. bagaimana tidak, kita bisa lebih dulu memulai aktivitas sebelum saingan-saingan kita bangun.

Wah, ternyata tanpa kita sadari kebiasaan bangun pagi memberi dampak positif yang banyak pada kehidupan kita. Mulai sekarang, yuk, jangan malas bangun pagi!

Sumber : www. brightside.me