Banyak Konsumsi Minuman Selain Air Putih Belum Cukupi Kebutuhan Air Harian, Lo

By Dionysia Mayang, Jumat, 3 Maret 2017 | 10:00 WIB
Rutin Mencuci, Awas Bakteri Tersembunyi di Botol Minum Plastik Anda! (Dionysia Mayang)

Kita pasti tahu bahwa tubuh membutuhkan asupan air yang cukup, setidaknya 2.000 mililiter atau sekitar 8 gelas setiap hari. Namun, tahukah kita bahwa ada empat hal yang harus diperhatikan dalam air yang kita minum.

Yang pertama, air tidak berbau. Tentunya tidak akan tercium bau pada air yang layak minum. Air berbau bisa terjadi karena air terkontaminasi zat-zat lain.

Kedua, air tidak keruh. Sama dengan air berbau, air yang keruh mengindikasikan adanya kontaminasi zat-zat lain.

Berikutnya, air tidak berasa. Air putih yang baik adalah air dengan rasa yang netral. Penyebab air berasa adalah air dengan kadar pH yang bisa terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Baca: Menakjubkan, Ini 8 Khasiat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Lalu, air tidak berwarna. Yang wajib dipenuhi oleh tubuh adalah 2.000 mililiter air putih. Jadi, bila kita meminum minuman seperti minuman selain air mineral, itu belum mencukupi kebutuhan air harian kita, ya.

Yang terakhir, air tidak mengandung kuman. Air yang baik tentunya tidak mengandung kuman atau mikroorganisme yang jahat.

Baca: Ketahui Manfaat Air Mineral Alkalin Dibanding Air Biasa

Menurut Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), kita juga harus mewaspadai produk minuman dalam kemasan yang tidak memiliki studi. “Produk air yang tak ada studinya tak boleh klaim bahwa memiliki manfaat tinggi terhadap kesehatan,” jelasnya.

Jadi, lebih baik percaya saran ahli ya, untuk mengonsumsi air putih dengan empat syarat di atas.