Mau Tahu Payudara Sehat atau Tidak? Lakukan 5 Cara Ini

By Dionysia Mayang, Sabtu, 4 Maret 2017 | 04:30 WIB
Penyebab Bentuk Payudara Jadi Kendur, Wajib Dihindari! (Dionysia Mayang)

Menjaga kesehatan diri merupakan kewajiban kita masing-masing. Termasuk, menjaga kesehatan payudara kita.

Nah, ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan sendiri di rumah lo, untuk mengetahui apakah payudara kita sehat atau ada gangguan tak normal yang perlu diwaspadai.

Yuk kita perhatikan 5 langkah yang bisa dicoba sendiri berikut ini. Dimulai dari:

Bercermin

Coba posisikan tubuh di depan cermin dengan badan tegap. Letakkan kedua tangan di pinggang seperti sedang berkacak pinggang. Lihat, apakah bentuk, ukuran, dan warna payudara seperti biasanya.

Baca: Inilah 3 Bahan Kimia Penyebab Kanker Payudara

Angkat tangan

Masih sambil bercermin, coba angkat tangan. Perhatikan lagi apakah ada perubahan bentuk, ukuran, dan warna payudara tak seperti biasanya.

Cek Puting

Lihat, apakah keluar cairan dari puting atau tidak. Cairan bisa berbentuk encer, seperti susu, cairan kuning, atau darah. Bila ya, perlu waspada dan segera ke dokter.

Baca: 7 Tanda Peringatan Kanker Payudara yang Sering Tak Disadari

Rebahkan Badan

Rebahkan badan dan rasakan payudara, tangan kanan untuk payudara kiri dan tangan kiri untuk payudara kanan. Coba tekan secara halus dan perlahan, gunakan keempat jari selain ibu jari dengan gerakan memutar sekitar seperempat dari lingkar payudara kita, dimulai dari area bawah ketiak.

Teruskan pada area lain, sampai semuanya tercover. Apakah menemukan sesuatu seperti benjolan? Bila ya, perlu waspada.

Baca: 3 Perbedaan Tumor Jinak dan Kanker Payudara

Duduk

Terakhir, coba duduk sambil lakukan pola gerakan yang sama seperti langkah 4. Bisa juga lo, melakukannya ketika sedang mandi saat kulit basah.

Nah, bila kita menemukan sesuatu yang tak biasanya atau ada perubahan pada payudara kita saat melakukan 5 tahap tadi, segera periksakan ke dokter ya!

Sumber : www.breastcancer.org