Air Putih dan Minyak Zaitun, Baguskah untuk Kesehatan?

By , Jumat, 3 Maret 2017 | 11:45 WIB
Studi: Konsumsi Empat Sendok Minyak Zaitun Sehari Bantu Cegah Kanker Payudara (Nova)

Saat ini sedang tren mengonsumsi campuran air putih, minyak zaitun dan beberapa buah, seperti lemon. Apakah minuman ini berkhasiat untuk kesehatan?

Tak dipungkiri, minyak zaitun mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Minyak zaitun mengandung vitamin E dan K yang berfungsi sebagai antioksidan.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung lemak tak jenuh yang aman untuk langsung dikonsumsi. Tak heran banyak yang menyampurkannya sebagai dressing salad.

Baca: Khasiat Minyak Zaitun

Menyampur minyak zaitun dengan air pada dasarnya tidak dilarang, tapi sekaligus juga tidak direkomendasikan. Sebab pada dasarnya minyak zaitun tidak akan larut dalam air.

"Minyak zaitun bagus untuk kesehatan. Tapi, minyak zaitun tidak larut dalam air, pasti terpisah,  air sama minyak, kan," jelas  DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc., di FKUI, Salemba, Jakarta Pusat.

Karena sifatnya yang tidak larut dalam air, dr. Tati lebih menyarankan buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin larut dalam air yang dicampurkan dalam air dan diminum sarinya. "Buah dan sayuran, sih, baik," tutupnya.

Baca: 3 Aturan Membeli Minyak Zaitun