Apa Bedanya Sisir Sasak Dan Sisir Garpu untuk Pemakaian Sehari-hari?

By nova.id, Selasa, 14 Maret 2017 | 04:45 WIB
Apa Bedanya Sisir Sasak Dan Sisir Garpu untuk Pemakaian Sehari-hari? (nova.id)

Untuk rambut perempuan, terdapat banyak jenis sisir yang bisa digunakan sesuai bentuk rambut serta model yang diinginkan. Selain sisir yang digunakan dalam keseharian, ada pula dua jenis sisir khusus yang disebut sisir sasak dan sisir garpu.

Kita mengenal sisir sasak untuk rambut yang akan ditata dengan model sanggul. Sedangkan sisir garpu, biasanya disarankan untuk dipakai sebelum atau setelah keramas untuk rambut yang basah. Tapi, ternyata masih banyak fungsi lainnya untuk rambut. Mari ketahui lebih jauh.

Baca: Jenis Sisir Bukan Cuma Sisir Sikat dan Sisir Sasak

 

Sisir Sasak

Sisir sasak atau tail comb memiliki gigi yang sangat rapat pada setengah badan sisir, sedangkan setengah bagian sisanya tidak bergigi dan menyerupai ekor sisir.

Sesuai dengan namanya sisir ini berfungsi untuk menyasak rambut, sehingga penataan rambut jadi lebih mudah. Biasanya digunakan untuk penataan rambut yang disanggul.

Sementara ekor pada sisir berfungsi untuk memisahkan bagian rambut atau membentuk belahan rambut agar memudahkan model kepang, keriting, atau tatanan rambut lainnya.

Sisir ini tidak digunakan untuk menyisir setiap hari, karena ketajaman sikat dan kerapatan giginya dapat membuat rambut menjadi mudah patah dan mudah melukai kulit kepala.

Baca: Tips Memilih Sisir Sesuai Model Rambut

 

Sisir Garpu

Sisir ini disebut juga dengan the pick. Bentuk sisir ini menyerupai garpu makanan. Sisir ini sangat cocok digunakan untuk pemilik rambut keriting karena fungsinya dapat memisahkan rambut ikal atau keriting yang kusut.

Sisir ini juga dapat mempertegas efek gelombang pada tatanan rambut. Sisir garpu juga sangat pas digunakan dalam keadaan rambut yang basah, karena gigi-gigi yang renggang pada sisir dapat membuat rambut mudah disisir, tidak mudah patah, dan tidak rontok.

Alvin Dwipayana/Kontributor NOVA.id