5 Makanan Ini Terbukti Ampuh Tingkatkan Konsentrasi, Penasaran?

By , Senin, 6 Maret 2017 | 04:30 WIB
Ada sisi baik dan buruk kebiasaan minum kopi. (Nova)

Konsentrasi atau memusatkan pikiran pada satu hal, bukan perkara mudah. Konsentrasi ternyata butuh “bahan bakar”. Berikut 5 makanan yang terbukti ampuh tingkatkan konsentrasi dan fungsi otak:

1. Kafein

Minuman yang mengandung kafein ternyata sangat baik untuk membantu konsentrasi dan fokus. Misalnya kopi, atau cokelat. Selain membuat konsentrasi meningkat, secangkir kopi atau cokelat hangat akan membuat pagi  kita lebih segar.

2. Ikan

Ikan adalah sumber protein yang sangat tinggi. Ikan akan membantu otak besar lebih aktif. Selain itu, ikan banyak mengandung omega 3 yang baik untuk konsumsi, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Baca: Luar Biasa, Ini 13 Manfaat Ikan untuk Kesehatan Tubuh

3. Kacang dan Cokelat

Kacang dan Cokelat adalah sumber vitamin E dan antioksidan. Penelitian mengatakan kedua makanan ini bisa membantu meningkatkan kemampuan kognitif otak.

Baca: Cokelat Murni Cegah Obesitas dan Diabetes

4. Blueberry

Penelitian mengatakan blueberry dapat membantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan dapat mengurangi efek  dari penyakit alzheimer atau demensia.

Studi lain menunjukkan bahwa diet dengan blueberry meningkatkan fungsi belajar.

5. Avokad dan Gandum

Mengonsumsi  avokad dan gandum bersamaan mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat, mengurangi risiko penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah, serta meningkatkan konsentrasi.

Kombinasi keduanya sangat baik, karena gandum juga tinggi serat dan vitamin E.