Wah, Raja Salman Cicipi Menu Khas Bali Ayam Betutu

By nova.id, Senin, 6 Maret 2017 | 04:30 WIB
Wah, Raja Salman cicipi menu khas Bali, Ayam Betutu (nova.id)

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud dikabarkan membawa tukang masak selama berlibur di Bali. Selain menyewa 360 mobil mewah, Raja Salam dan rombongan juga menyewa 20 truk untuk membawa seluruh perlengkapan, termasuk membawa alat-alat memasak.

Baca : Ini Kenang-Kenangan dari Jokowi Untuk Raja Salman

“Saya dengar Raja Salam membawa chef. Makanya rombongannya banyak sekali sampai 1500 orang. Mereka sampai menyewa 20 truk untuk bawa tempat duduk, tv, tangga, dan semua keperluan sang Raja,” kata Ketua ASITA Bali, I Ketut Ardana, Sabtu (4/3/2017).

Namun demikian, apabila sang Raja hendak mencicipi masakan khas Bali, Ardana mengungkapkan pihak hotel di Bali sudah pasti siap dengan menu lokal Bali, seperti Ayam Be Tutu, Jukut Urab, dan Es Daluman.

“Semua hotel di Bali ada menu lokalnya. Kalau raja ingin mencicipi menu lokal, bisa dihotel. Sudah ada menu-menu terkenal seperti Be Tutu, Daluman, Jukut Urab juga pasti ada,” katanya.

Selama berlibur di Bali, Raja Salam juga dikabarkan tidak memesan guide lokal. Pasalnya, sejak empat hari ditunggu Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali, hingga sore kemarin belum ada permintaan guide atas kunjungan raja arab ke Bali.

“Sudah empat hari kami menunggu dan sampai hari ini (kemarin) tidak ada permohonan kepada kami. Sama sekali. Apakah mungkin langsung ke travel yang menghandel, atau kemana gitu saya belum tahu bagaimana,” jelas Ketua HPI Bali, Komang Nuarta.

Nuarta mengatakan, saat ini pihaknya hanya mempunyai 6 guide Arab. Itu sebabnya, apabila permintaan tour guide secara mendadak, dia memastikan tidak bisa.

Jumlah guide dari devisi bahasa Inggris pun, kata Nuarta, pihaknya masih kekurangan.

“Makanya kalau permintaannya mendadak kami tidak bisa. Misalnya diminta 100 guide arab itu kami tidak bisa. Karena untuk Guide Arab, kami belum bentuk devisinya,” kata Nuarta.

 I Wayan Erwin Widyaswara/Tribunnews