Ubah dari Sekarang, 15 Kebiasaan Harian yang Merusak Rambut

By Dionysia Mayang, Rabu, 8 Maret 2017 | 11:30 WIB
Kembali Tren, Ini 5 Langkah Tatanan Rambut Gaya Kuncir Bertingkat (Dionysia Mayang)

Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang penting. Sebagai mahkota perempuan, rambut yang sehat dan terawat dapat membuat lebih percaya diri untuk beraktivitas.

Namun, dalam keseharian, ternyata kita masih banyak yang tak paham cara merawat rambut yang tepat. Kesalahan ini tak hanya terjadi saat memilih shampo dan kondisioner, tapi juga ketika menyisir rambut dan tidur. Duh!

Maka agar rambut tetap sehat dan terjaga kilaunya, yuk ubah dari sekarang 15 kebiasaan harian Anda yang merusak rambut selama ini:

1. Salah Memilih Shampo

Pilihan shampo kita sangat berpengaruh pada perawatan rambut kita. Jadi, pastikan betul-betul kalau shampo yang kita pakai memang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut kita.

2. Jarang Keramas atau Terlalu Sering

Seharusnya, frekuensi keramas kita harus disesuaikan dengan jenis rambut dan kualitas air yang kita pakai. Bila rambut kita berminyak, lebih baik keramas setiap 1-2 hari.

Baca: Tak Disangka, Minuman Bersoda Bisa untuk Mengeriting Rambut Plus 9 Fungsi Ini

3. Tak Tepat Menggunakan Shampo

Sebelum keramas, sisiri terlebih dahulu rambut kita. Gunakan shampo secukupnya, sesuai dengan panjang rambut kita. Tuang shampoo pada telapak tangan kita, gosok hingga keluar busa, lalu gosokkan mulai pada bagian akar rambut. Pijat kepala dengan lembut dan jangan garuk dengan kuku.

4. Melupakan Perawatan Rambut

Merawat rambut tak cukup hanya menggunakan shampo saja lo, karena rambut mudah kehilangan kelembaban alaminya. Kita bisa menggunakan masker rambut sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut kita, tapi jangan menggunakannya lebih dari sekali dalam seminggu.

Baca: Ingin Rambut Sehat? Yuk, Konsumsi Buah dan Sayuran Ini

5. Temperatur Air Salah

Banyak orang menggunakan air hangat untuk keramas, padahal ini salah. Lebih baik gunakan air yang hangat atau dingin, agar bisa menghilangkan kotoran, melancarkan aliran darah, dan tentunya akan menghasilkan rambut lebih halus dan berkilau.

6. Menggulung dengan Handuk

Jangan gulung rambut dengan handuk di atas kepala. Kebiasaan ini akan membuat kerusakan pada folikel rambut. Bila sedang terburu-buru, kita bisa menggunakan kaos untuk mengeringkan rambut, lo.

7. Menyisir Terlalu Sering dan Terlalu Kasar

Terlalu sering dan terlalu kasar menyisir akan membuat rambut rusak. Jangan menyisir setelah selesai keramas, tunggu hingga agak kering lalu sisir dengan tangan secara lembut.

Baca: Agar Tak Mudah Kusut, Begini Cara Menyisir Rambut yang Benar

8. Sering Menggunakan Produk Styling

Pengering rambut, catokan, dan peralatan lainnya yang terlalu sering digunakan akan membuat rambut kita kehilangan kelembaban alaminya. Gunakan masker rambut atau pelembab bila kita memang sering menggunakan produk styling.

9. Salah Menggunakan Pengering Rambut

Sebelum menggunakan pengering rambut, lapisi dengan handuk dan keringkan rambut terlebih dahulu. Keringkan rambut dari akar hingga ke ujungnya.

10. Diet Tak Sehat

Diet juga berpengaruh pada kesehatan rambut kita, lo. Pastikan kita tetap mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, zinc, kalsium, dan zat besi yang diperlukan rambut untuk tetap sehat.

Baca: Manfaat Rutin Pakai Masker Rambut Rumahan Dari Telur dan Pisang

11. Pola Hidup Tak Sehat

Kerusakan dan kerontokan rambut bisa terjadi sebagai gejala penyakit serius, lo. Bisa karena pengaruh gangguan hormon, stress, dan diabetes. Jadi, jaga pola hidup kita juga ya.

12. Mengabaikan Penutup Kepala

Topi atau penutup kepala lainnya sangat baik untuk melindungi rambut kita dari terik matahari, juga bisa menjaga rambut dari cuaca dingin. Pilih penutup kepala yang nyaman dan tidak terlalu ketat.

13. Tidak Mencuci Sisir

Tak hanya rambut, sisir juga perlu dicuci, lo. Setidaknya, cuci sisir seminggu sekali dengan air hangat. Jangan lupa juga mengganti sisir yang sudah terlalu lama dipakai.

14. Abai Memotong Rambut

Memotong rambut secara rutin setidaknya setiap dua bulan itu baik, agar rambut tak bercabang.

15. Tidur dengan Rambut Terurai

Bila kita memiliki rambut dengan panjang atau sedang, lebih baik kepang sebelum kita tidur. Dengan mengepang rambut, saat pagi kita akan lebih mudah menyisir dan tentunya rambut tak kusut.

Baca: Mudah, Menata Gaya Rambut Ikal Gelombang di Rumah!

Nah, sekarang sudah tahu, kan, apa saja kesalahan yang selama ini justru merusak rambut?

Sumber : www.brightside.me