Pada Usia Ini, Minum Air Putih Justru Mengganggu Kesehatan Jantung dan Ginjal

By Dionysia Mayang, Rabu, 8 Maret 2017 | 09:45 WIB
Pada Usia Ini, Minum Air Putih Justru Mengganggu Kesehatan Jantung dan Ginjal (Dionysia Mayang)

Kita tahu bahwa tubuh memerlukan setidaknya 2 liter air putih setiap harinya. Asupan tersebut bisa bertambah bila kita memiliki aktivitas-aktivitas yang membuat kita berkeringat. Saat sakit, kita juga harus memperbanyak konsumsi air putih kita.

Namun tahukah kita, bahwa pada orang lanjut usia disarankan untuk mengurangi asupan air putih hariannya.

“Karena volume air dalam tubuh dewasa dan lanjut usia sudah berkurang dibanding saat anak-anak, maka konsumsi air putih hariannya juga tak sebanyak saat anak-anak,” jelas Dr. dr. Budi Wiweko, SpoG(K) pada NOVA.id.

Baca: Menakjubkan, Ini 8 Khasiat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Volume air dalam tubuh yang berkurang akan menimbulkan keriput, yang biasa kita tahu sebagai salah satu tanda penuaan. Namun jangan khawatir, keriput akan secara normal terjadi pada usia dewasa dan lanjut usia.

Asupan air putih pada lanjut usia memang sewajarnya tak sebanyak asupan air putih pada anak. Karena itulah kebutuhan air pada lanjut usia juga berkurang. Bila berlebih, maka justru akan membuat kerja jantung lebih berat. Padahal, tentunya pada lanjut usia kerja jantung sudah tidak optimal.

Baca: Wah, Terlalu Banyak Minum Air Putih Malah Bikin Mual dan Kejang-kejang

Untuk lanjut usia, asupan air putih yang disarankan hanya sekitar 1,5 liter saja. Selain membuat jantung bekerja lebih keras, fungsi ginjal yang telah menurun juga akan terganggu bila asupan air putih berlebih.

Baca: Mengapa Saat di Ruang Ber-AC Tubuh Jarang Merasa Haus?