Ini yang Harus Diperhatikan Saat Membaca Label Produk Kecantikan

By , Selasa, 7 Maret 2017 | 11:00 WIB
5 produk kecantikan kulit wajib pasca Lebaran (Nova)

Produk kecantikan kini banyak beredar di pasaran. Mulai dari produk yang ditujukan untuk perawatan sampai obat-obat kecantikan.Namun, jangan mudah tergiur dengan beragam produk yang ditawarkan. Kita harus mencari tahu bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

Menurut situs kesehatan Woman's Health, perhatikan label seperti 'hypoallergenic' dan 'fragrance-free'. Beberapa istilah pada  label produk perawatan kulit membingungkan dan dapat menyesatkan konsumen. Kita harus benar-benar kritis dengan apa yang terbaca.

"Bahasa pada label tidak selalu mendeskripsikan dengan akurat tentang produk dalam botol atau efek pada kulit," jelas Dr Rajani Katta.

Amerika Serikat Food and Drug Administration mengatakan diskripsi pada perawatan kulit melalui keterangan pada label produk. Contohnya, istilah "untuk kulit sensitif" atau "hypoallergenic",  artinya, produk tersubut memberikan jaminan tidak akan mengganggu atau menyebabkan reaksi alergi pada kulit.

Tulisan 'bahan alam' tidak semuanya benar-benar alami. Bahkan, ada beberapa produk mungkin di dalamnya menggabungkan bahan dengan aditif atau pengawet yang bisa berbahaya.

Demikian juga, beberapa produk pernah dituliskan  "bebas aroma". Sebenarnya, meski dikatakan bebas aroma, ada bahan kimia tertentu yang membuat alat kosmetik tersebut tidak beraroma.

Sebelum menggunakan produk baru, ada baiknya menguji sejumlah kecil di lengan kita selama seminggu untuk melihat apakah memicu reaksi alergi atau tidak. Baca dan patuhi semua arahan produk.

Jika muncul reakasi segera hentikan pemakaian dan konsultasikan ke dokter kulit.