Haid Tak Normal, Jangan-Jangan Ini yang Terjadi

By nova.id, Rabu, 8 Maret 2017 | 09:00 WIB
8 Fakta Mengejutkan Menstruasi yang Pasti Belum Anda Tahu (nova.id)

Banyak wanita mengeluhkan haidnya tidak normal. Apa sebenarnya yang terjadi? Seperti apa haid tak normal itu? Di International Women Day ini, yuk kita cari tahu penjelasannya.

Saat haid, wanita akan mengalami perdarahan dari vagina selama 2-7 hari dengan volume darah rata-rata 40 mililiter.

Siklus haid yang tak biasa atau volume darah yang berlebihan bisa menunjukkan adanya masalah kesehatan dalam menstruasi, seperti:

1. Menorrhagia (volume darah berlebihan saat haid)

Disebabkan hormonal tak seimbang atau fibroid yang tumbuh di rahim. Gejalanya, terdapat gumpalan darah berukuran besar lebih dari sehari, durasi haid lebih dari 7 hari, volume darah terlalu banyak sehingga ganti pembalut tiap jam, menunjukkan gejala anemia.

2. Amenorhoea (haid terhenti sama sekali).

Beberapa penyebabnya karena obat-obatan, stres, berat badan di bawah normal, olahraga berlebihan, saluran peredaran darah haid abnormal, alat kontrasepsi.

3. Dysmenorrhoea (sakit saat haid).

Umum dialami wanita sebelum dan masa haid. Lokasi sakit bisa di vagina, panggul, punggung bagian bawah atau perut bagian bawah.

4. Oligomenorrhoea (haid tak teratur).

Normalnya siklus haid sekitar 28 hari dengan durasi 2-7 hari. Akan tetapi ada juga yang haid tak teratur dimana jarak antara haid yang dialami serta volume darah yang keluar berbeda.

Penyebabnya karena alat kontrasepsi, stres, perubahan berat badan drastis.

Hilman Hilmansyah/Dok. NOVA