Buah dan Sayur Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Ginjal Kronis, Apa Saja?

By , Rabu, 8 Maret 2017 | 05:00 WIB
bungkus batang pisang dengan plastik makanan (Nova)

Ginjal adalah organ ekskresi terpenting tubuh. Ginjal memiliki fungsi menyaring kotoran dalam darah dan membuangnya dalam bentuk urin.

Seseorang yang sudah mengalami gangguan ginjal harus memperhatikan asupan makanan seperti sayur maupun buah. Penderita ginjal kronis harus menghindari beberapa makanan yang mengandung kalium yang tinggi.

"Prinsipnya ginjal kronik biasanya hiperklemia, jadi perlu dibatasi konsumsi buah dan sayur yang mengandung kalium," kata Ahli Gizi, Atriyani Kresnawan di Hotel Hermitage saat memperingati Kidney World Day di Menteng, Jakarta Pusat.

Baca: Terlalu Lama Duduk Akibatkan Gangguan Ginjal?

Ada beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi penderita ginjal kronis, salah satunya adalah pisang. Buah pisang yang terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan akan berubah menjadi 'racun' bagi penderita ginjal.

Buah yang mengandung kalium tinggi, seperti pisang tidak boleh dikonsumsi penderita ginjal kronis. Selain itu, ada juga durian, avokad, leci. "Tadi benar sudah disebutkan ada pisang, yang lainnya durian, avokad, dan leci. Avokad mengandung kalium yang sangat tinggi," imbuhnya.

Selain buah-buahan ada pun jenis sayur yang juga tak boleh dikonsumsi penderita ginjal kronis. “Seperti daun singkong dan pepaya," jelasnya lagi.

Kalau sangat ingin dan sekadar mengobati “kangen”, tipsnya adalah dengan merendam sayur itu selama dua jam, baru dicuci bersih dan dimasak. "Merendam sayur selama dua jam akan mengurangi kadar kalium selama 30 persen," tutupnya.

Baca: Ini Bedanya Gejala Sakit Ginjal dengan Sakit Pinggang