Obat Tetes Pembersih Telinga, Bolehkah Digunakan?

By , Kamis, 9 Maret 2017 | 04:00 WIB
Ini cara membersihkan telinga yang benar (Nova)

Kotoran telinga yang menumpuk terkadang membuat telinga terasa penuh dan tidak nyaman. Alat pembersih telinga  yang umum digunakan adalah sejenis cutton buds. Padahal sebenarnya cutton buds tidak direkomendasikan secara medis digunakan untuk membersihkan telinga.

Baca: Jangan Sembarang Membersihkan Telinga

Sekarang ini juga ada obat tetes pembersih telinga. Obat tetes tersebut akan melembutkan kotoran yang terjebak di saluran telinga, dan memudahkannya untuk keluar. Bolehkah pembersih telinga seperti ini digunakan?

"Ada beberapa obat tetes telinga yang direkomendasikan dokter," jelas dr. Sakina Umar Sp.THT dari Siloam Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Penggunaan obat tetes telinga terbilang efektif. Namun, masyarakat tidak boleh sembarangan menggunakan obat tetes pembersih telinga. "Jangan sembarangan memakainya, harus konsultasi dulu ke dokter," tandasnya.

Pada dasarnya telinga memiliki mekanisme sendiri untuk membersihkan secara alami. Mekanisme ini disebut self cleansing. Namun, beberapa orang merasa mekanisme self cleansing terlalu lama.