Sering Tak Disadari, Ini 5 Penyebab Kaki Bengkak Tiba-tiba

By Dionysia Mayang, Jumat, 10 Maret 2017 | 09:45 WIB
Sering Tak Disadari, Ini 5 Penyebab Kaki Bengkak Tiba-tiba (Dionysia Mayang)

Di pagi hari setelah bangun tidur atau usai seharian beraktivitas pernahkah Anda mengalami kaki bengkak secara tiba-tiba?

Kaki yang membengkak tentu akan sangat mengganggu, terutama saat akan mengenakan sepatu. Tapi, apa penyebabnya? Mari perhatikan alasan-alasan kenapa kaki kita bisa membengkak berikut ini.

1. Berdiri atau Berjalan Kaki Sepanjang Hari

Berdiri atau berjalan kaki seharian merupakan alasan utama kenapa kaki bisa membengkak. Lebih baik, beri waktu istirahat pada kaki terutama ketika aktivitas yan menuntut kita untuk berdiri atau berjalan kaki sepanjang hari. Bengkak akan hilang setelah kita beristirahat.

Baca: 6 Penyebab Timbul Memar di Tubuh Secara Tiba-Tiba

2. Sepatu Kekecilan

Jangan paksa kaki untuk masuk dalam sepatu yang sebenarnya sudah tidak muat lagi. Sepatu kekecilan akan membuat tekanan pada jari-jari kaki dan tumit, sehingga bisa membuat peredaran darah di kaki tak lancar dan menyebabkan bengkak.

3. Berat Badan Naik

Tambahan beberapa kilogram berat badan bisa membuat kaki kita membengkak, lo. Kita harus menurunkan berat badan kita ke sebelumnya agar bengkak di kaki menghilang.

Baca: 5 Keluhan di Kaki Ini Menandakan Tubuh Sedang Sakit Serius

4. Gangguan Sirkulasi

Jika kaki bengkak dan alasan-alasan sebelumnya bukan menjadi penyebabnya, mungkin saja kita mengalami gangguan sirkulasi seperti varises vena atau pelebaran vena di tungkai. Segera konsultasi ke dokter ya, agar bisa diberi penanganan yang tepat.

5. Infeksi

Infeksi bakteri atau jamur di kaki termasuk yang ada di sela kaki bisa menyebabkan kaki kita membengkak, karena adanya peradangan. Gunakan antibiotik yang bisa didapatkan setelah konsultasi ke dokter agar bakteri dan jamur dapat diusir secara tepat.

Baca: Tips Biar Kaki Tidak Sakit Saat Pakai ‘High-Heels’

Itu tadi 5 penyebab kaki membengkak secara tiba-tiba yang sering tidak kita sadari. Yuk, cegah dari sekarang!

Sumber : www.womenshealthmag.com