Ini Usia Tepat Anak Boleh Main Gadget dan Aturannya

By , Jumat, 10 Maret 2017 | 10:00 WIB
Sebelum usia 2 tahun sebaiknya anak tak usah bermain gadget. Kenapa? (Nova)

Generasi Alfa, atau generasi yang lahir setelah tahun 2010, tak bisa dipisahkan dengan gadget. Gadget seolah menjadi benda yang tak terpisahkan dengan keseharian mereka. Sebenarnya, berapa usia terpat anak boleh main gadget, dan bagaimana aturan mainnya?

Seringkali orang tua juga memanfaatkan gadget supaya anak tidak rewel. Tentu saja pilihan itu kurang tepat, nantinya anak bisa “memanfaatkan” kebiasaan itu tiap kali ingin bermain gadget.

Baca: Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memberi Gadget pada Anak

Usia  dan Batasan Tepat

Kapan usia tepat anak boleh bermain gadget? Ternyata di bawah dua tahun anak tidak boleh diberikan pada anak.

"Gadget tidak boleh diberikan ke anak di bawah dua tahun," jelas Anna Surti Ariani S.Psi., M.Si., kepada Nova.id di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Di atas dua tahun anak baru boleh memegang dan menggunakan gadget. Selebihnya, jika sudah diperbolehkan menggunakan gadget pun tetap ada batas maksimal waktu per harinya.

"Usia dua sampai enam tahun maksimal satu jam sehari, lalu di atas enam tahun dua jam sehari," imbuhnya.

Baca: 3 Ciri Utama Anak Kecanduan Main Gadget

Orang tua harus sebijaksana mungkin memperkenalkam gagdet pada anak. Hal yang semestinya positif jangan sampai menjadi negative, karena orang tua salah cara mengenalkannya.

"Tahap memperkenalkam boleh di usia 18 bulan. Misalnya nenek kangen lalu bertatap muka dengan Skype, itu boleh," tutupnya.