Jangan Biarkan Anak Makan Sambil Nonton Televisi, Ini Sebabnya

By , Jumat, 10 Maret 2017 | 04:00 WIB
Solusi Masalah Anak Susah Makan dari Krisdayanti (Nova)

Sudah menjadi kebiasaan banyak keluarga, makan sambil menonton televisi. Ternyata kebiasaan buruk ini berdampak pada perkembangan anak. Seperti penjelasan Anna Surti Ariani S.Psi., M.Si, kepada Nova.id, saat ditemui di Menteng, Jakarta Pusat, berikut ini.

1.Masalah Konsentrasi

Jika makan dengan menonton televisi dilakukan bersamaan, dampaknya akan membuat anak terpecah konsentrasinya. Kedepannya, tak aneh jika anak selalu memiliki masalah untuk berkonsentrasi.

Perlu diketahui, proses makan sejatinya adalah cara ampuh menstimulasi anak untuk berkonsentrasi tinggi. Belajar konsentrasi melalui makan ternyata cara yang paling ampuh dibandingkan kelas-kelas terapi konsentrasi yang lainnya.

2. Sulit Makan

Konsentrasi yang terpecah akhirnya membuat anak sulit menghabiskan makanan yang telah disediakan. Bisa jadi makanan sudah terlanjur dingin atau berubah rasa, sehingga anak tak mau lagi menyentuhnya. Jika kebiasaan ini dibiarkan, ke depannya akan akan sulit makan.

3. Merusak Disiplin

Makan di meja makan bersama keluarga adalah sarana yang tepat untuk melatih disiplin anak. Di antaranya, mengajarkan anak untuk disiplin waktu, tidak berlama-lama menghabiskan makanannya, dan sebagainya.