Benarkah Mencukur Bulu Malah Membuatnya Semakin Lebat dan Kasar?

By Dionysia Mayang, Minggu, 12 Maret 2017 | 06:30 WIB
Ketahui Trik untuk Cukur Bulu Kaki Sendiri di Rumah (Dionysia Mayang)

Untuk menghilangkan bulu-bulu yang tumbuh di tubuh kita bisa dengan berbagai cara, salah satunya adalah mencukur. Mencukur bulu dilakukan oleh banyak perempuan, karena caranya yang mudah dan bisa kita lakukan sendiri.

Namun, banyak yang meyakini bahwa mencukur bulu di tubuh kita malah bisa membuatnya tumbuh semakin lebat.  Benarkah demikian?

Dr. dr. Srie Prihianti, SpKK., PhD., dokter spesialis kulit dan kelamin yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin menjelaskan bahwa ternyata tindakan mencukur rambut atau bulu di tubuh kita tidak membuat bulu bertambah lebat.

Baca: Perempuan Modern Kini Rutin Mencukur Rambut Halus di Wajah

Faktanya, rambut atau bulu yang dicukur ada di bagian permukaan kulit. Sedangkan, folikel rambut berada di dalam lapisan kulit. Folikel rambut adalah struktur kulit di mana rambut akan tumbuh. Folikel rambut terdapat di seluruh kulit, kecuali di bibir, telapak tangan, dan telapak kaki.

Maka mencukur tidak akan mempengaruhi kelebatan bulu, kok. Hanya saja, ketika kita mencukur bagian pangkal rambut yang lebih tipis dan lancip, maka rambut yang akan tumbuh adalah patahan dari rambut yang berada di dalam.

Jadi, ini sebabnya ketika rambut tumbuh kembali maka rambut akan terlihat lebih tebal karena ujung rambut yang tipis sudah kita cukur.

Baca: Wajib Tahu! 7 Cara Mencukur Bulu Vagina yang Tidak Bikin Gatal

Selain mencukur, menurut Dr. Srie ada cara lain yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan bulu yang tumbuh di tubuh kita, yaitu dengan waxing. Waxing adalah proses pencabutan bulu-bulu yang tumbuh hingga akar rambutnya.

Jadi, pangkal rambut yang tipis dan lancip pun akan tumbuh kembali, sehingga rambut yang tumbuh akan terlihat lebih tipis.

Cara lain untuk menghilangkan bulu yang tumbuh di bagian yang tidak kita inginkan adalah dengan laser hair removal. Menurut Dr. Srie, laser hair removal ini bisa menghilangkan bulu secara permanen, lo.

Nah, mana yang jadi pilihan Anda?