Gawat, 5 Rasa Sakit Karena Kelamaan Duduk Ini Bisa Timbulkan Kematian

By nova.id, Minggu, 12 Maret 2017 | 10:45 WIB
Gawat, 5 Rasa Sakit Karena Kelamaan Duduk Ini Bisa Timbulkan Kematian (nova.id)

Memiliki pola hidup yang tidak aktif dan lebih sering duduk ternyata dapat menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh seseorang. Fatalnya dari hal yang dianggap sepele ini justru bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius hingga menimbulkan kematian.

Dr. Andi Kurniawan Sp.KO, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Osteoporosis Indonesia menjelaskan bahwa pola hidup masyarakat di Indonesia yang malas bergerak dan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan duduk dapat menjadi penyebab kerusakan pada sendi, tulang, dan ototnya yang berujung pada kematian.

“Jadi, musculoskeletal disorders ternyata memiliki lingkaran setan yang bisa membahayakan seseorang hingga menyebabkan kematian. Hal ini tentu saja disebabkan karena pola hidup yang kurang bergerak dengan nutrisi yang tidak mendukung. Biasanya, lingkaran setan ini diawali dengan gangguan pada sendi lutut,” paparnya.

Berikut beberapa keluhan musculoskeletal disorders sehari-hari yang bisa menyebabkan kematian.

1.Sakit lutut

Menurut dr. Andi hal ini diawali dengan nyeri sendi di bagian lutut. Apabila seseorang sudah merasakan sakit pada bagian lutut otomatis aktivitasnya akan berkurang.

“Karena aktivitas berkurang, seseorang pun cenderung akan lebih banyak duduk. Terlalu banyak duduk akan merangsang sakit pada tubuh yang lain,” ujarnya.

Baca: Penyebab Perempuan Lebih Rentan Kena Gangguan Otot dan Tulang

2.Sakit pinggang

Penyakit lain yang akan timbul karena terlalu lama duduk adalah sakit pinggang. Menurut dr. Andi, sakit pinggang memang disebabkan karena duduk terlalu lama hingga berjam-jam.

“Hal ini akan lebih sering menyerang orang yang bekerja di kantor. Mereka selama 8 jam hanya bisa duduk tanpa melakukan stretching dan bergerak”, paparnya.

Baca: Usia 30 Tahun, Kesehatan Massa Tulang Semakin Menurun

3.Kelebihan berat badan

Kemudian akibat kurang bergerak ini akan menimbulkan kelebihan berat badan. “kurangnya aktivitas seseorang karena terlalu lama duduk juga akan menyebabkan overweight. Nah, dari overweight ini akan muncul beragam penyakit lainnya,” tuturnya menjelaskan.

Baca: 5 Keluhan di Kaki Ini Menandakan Tubuh Sedang Sakit Serius

4.Panggul sakit

Kelebihan berat badan akibat pola hidup yang kurang bergerak pun akan menyebabkan sakit pada area panggul. “Sebab, area panggul ini sudah tidak bisa menahan berat pada tubuh kita. Sehingga lebih sering sakit,” ungkapnya.

Baca: Sendi di Sekitar Lutut dan Pinggang Sering Terasa Nyeri? Hati-hati Pengapuran di Usia Muda

5.Obesitas hingga kematian

Karena kondisi badan yang sudah sakit dan pegal, akhirnya membuat seseorang kehilangan kekuatan pada tubuhnya. Akibatnya, mereka hanya bisa terbaring dan tidak melakukan apa-apa. Hal ini tentu saja akan menimbulkan penyakit lain yang berbahaya hingga kematian.

“Tentu saja mereka kalau sudah pegal dan sakit hanya bisa tiduran dan tidak bergerak. Ini akan menimbulkan obesitas, kemudian memunculkan hard disease hingga kematian,” jelasnya.

Laili Ira Maslakhah/NOVA.id