3 Makanan Ini Sebabkan Gangguan Pencernaan Anak, Apa Saja?

By , Minggu, 12 Maret 2017 | 11:00 WIB
Simak daftar keahlian yang harus dikuasai balita ini, sehingga Anda mulai bisa mengajarkannya pada buah hati. (Nova)

Pencernaan anak masih kerap terganggu, sebab organ pencernaannya masih sensitif dan belum sempurna seperti halnya orang dewasa. 3 makanan ini sebabkan gangguan pencernaan anak. Apa saja?

Baca: Inilah Gangguan Perut pada Anak yang Harus Diwaspadai

Seperti diungkap dr. Nastiti Kuswandani, SpA(K)., anak mudah sekali mengalami masalah dengan pencernaannya, karena masih dalam proses pertumbuhan dan organ pun belum sempurna.

"Anak masih masa pertumbuhan, organ pun belum sempurna seperti orang dewasa. Terkait saluran perncernaan pasti lebih sensitif dari orang dewasa," katanya, saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Untuk meminimalkan risiko pada pencernaannya, orangtua harus memperhatikan menu yang disajikan dan cara pengolahan makanan.

"Memberikan makanan ke anak pun tidak boleh sembarangan,  harus yang mudah dicerna, dan cara pengolahannya perlu diperhatikan," katanya lagi.

Setelah anak mengonsumsi menu keluarga, jangan berikan menu yang merangsang pencernaannya, seperti makanan yang asam, pedas dan mengandung santan terlalu tinggi.

Ketiganya bisa memicu masalah pencernaan pada anak dan pencernaannya iritasi. "Jangan memberikan anak makanan yang merangsang. Misalnya yang asam, terlalu pedas dan bersantan tinggi," tutupnya.

Baca: 5 Masalah Pencernaan Penyebab Balita Rewel dan Cara Mengatasinya