Wah! Sayur dan Buah Ini Mengandung Pestisida

By , Senin, 13 Maret 2017 | 07:00 WIB
Trik Atasi Kebiasaan Anak Merengek Saat Minta Jajan di Supermarket (Nova)

Melihat buah dan sayur segar terpajang rapi di supermarket, siapa yang tak tergoda? Tapi ternyata, tak sedikit buah dan sayur itu mengandung pestisida. Jumlahnya pun tak tanggung-tanggung.

Baca: Tips Memilih Buah dan Sayuran Terbaik

Seperti dirilis WebMD, Departemen Data Pertanian Amerika Serikat menemukan bahwa hampir 70% sampel dari 48 jenis produk konvensional terkontaminasi residu pestisida. USDA menemukan total 178 pestisida dan residu pestisida yang berbeda pada lebih dari 35.000 sampel produk yang diuji.

Pestisida adalah zat kimia yang digunakan para petani untuk membunuh hama di sawah. Sementara itu, penggunaan pestisida tanpa mengikuti aturan yang diberikan membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan.

Penelitian terkait sayuran dan buah apa saja yang memiliki tingkat pestisida yang tinggi, di antaranya stroberi, anggur, apel, buah pir dan tomat. Sementara sayuran pun cukup mencengangkan. Ada bayam, daun seledri, paprika dan kentang.

Dampak pestisida bagi kesehatan tak bisa disepelekan. Mereka yang mengonsumsi buah dengan residu pestisida yang tinggi bisa keracunan akut dan keracunan kronis.

Keracunan akut ditandai dengan sakit kepala, mual dan muntah. Sementara keracunan kronis ditandai dengan alergi dan turunnya metabolisme tubuh.

Untuk amannya, sebelum dikonsumsi, pastikan buah dan sayur itu telah dicuci bersih. Bila ada kulitnya, kupas, lalu cuci bersih, baru disantap.