Keseringan Dengar Musik Pakai Earphone Bisa Merusak Sel Otak dan Pendengaran

By Dionysia Mayang, Rabu, 15 Maret 2017 | 11:00 WIB
Hati-hati, Jangan Biasakan Dengar Musik Pakai Earphone Saat Tidur (Dionysia Mayang)

Suka mendengarkan lagu saat akan tidur dengan menggunakan ­earphone? Atau sekadar menggunakan penyumpal telinga saat tidur agar lebih nyenyak? Lebih baik tinggalkan kebiasaan ini, ya. Kebiasaan tersebut ternyata memiliki dampak bagi kesehatan tubuh kita lo, antara lain :

Menurunkan Pendengaran

Secara tak sadar, mendengarkan musik saat tidur dengan menggunakan earphone akan merusak sistem pendengaran kita. Saat kita sedang tidur, suara yang masuk lewat telinga dengan volume yang tinggi dan dalam waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan pada bagian koklea telinga.

Baca: 4 Alasan Perempuan Suka Dengarkan Lagu ‘Melow’ Saat Galau

Merusak Otak

Menurut sebuah penelitian, gelombang elektromagnetik yang dihantarkan melalui earphone bisa merusak otak pada hewan uji coba penelitian tersebut. Gelombang elektromagnetik ini lama kelamaan akan merusak sel-sel pada otak.

Selain, itu penggunaan earphone selama tidur membuat otak kita tak benar-benar beristirahat.

Menurunkan Konsentrasi

Telinga adalah sebuah organ penting dalam sistem indera pendengaran kita. menggunakan earphone bisa membuat kita mudah relaks dan mengantuk, sehingga bisa mengganggu konsentrasi kita.

Baca: Hati-Hati dengan Hatimu, Lagu Ini Bikin 64% Pendengar Ingin Hubungi Mantan Pacar!

Melukai Kulit Telinga

Pada dasarnya, earphone memang sudah dibuat dengan mempertimbangkan unsur kenyamanan penggunanya. Namun, tak berarti semua earphone memiliki standar yang sama, banyak juga earphone yang bisa dibeli dengan harga murah namun tak membuat nyaman.

Bila kita mengabaikannya, lama kelamaan telinga kita bisa lecet dan luka, bahkan bisa menjadi infeksi dan peradangan pada telinga kita.

Jadi, biarkan telinga dan otak kita juga beristirahat ketika kita tidur, ya!

Sumber : www.health24.com