Sudah Tahu 3 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Membuat Berat Badan Naik?

By , Kamis, 16 Maret 2017 | 12:00 WIB
Alasan Berat Badan Tiba-tiba Naik Jelang Menstruasi (Nova)

Hal-hal kecil yang dilakukan setiap hari tanpa disadari ternyata bisa membuat berat badan naik, termasuk 3 kebiasaan ini. Apa saja?

Baca: Mau Tahu, Cara Menghitung Berat Badan Ideal?

1. Ngemil

Tanpa disadari kita sering asyik mengonsumsi camilan alias ngemil. Padahal kebiasaan inilah yang bisa membuat berat badan naik, tanpa disadari, sekalipun porsi makanan utama sudah dikurangi.

"Berat badan naik tanpa disadari. Karena ngemilnya banyak. Bisa jadi makannya sedikit, tapi ngemilnya banyak," jelas Dr. Marudut, MPS pada Nova.id.

2. Tidak Berolahraga

Aktivitas fisik sejatinya sangat dibutuhkan tubuh. Melalui olahraga, tubuh akan berkeringat dan melakukan pembakaran sehingga berat badan stabil. Aktivitas fisik juga sangat baik untuk organ jantung dan pembuluh darah.

“Aktivitas fisik yang kurang, sedang porsi makan normal, tentu saja membuat bobot tubuh kita naik.”

3. Metabolisme Tubuh Rendah

Metabolisme adalah suatu proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh, proses ini merupakan pertukaran zat ataupun suatu organisme dengan lingkungannya.

Jika makanan yang kita makan tidak bisa ditukar menjadi energi melalui sistem metabolism, biasanya akan menumpuk jadi lemak. Metabolisme yang tidak nomal membuat berat badan bertambah meski makan dan camilan terkontrol.