Ini Lho Jenis Makanan dan Minuman yang Bikin Sering Jerawatan

By Dionysia Mayang, Selasa, 21 Maret 2017 | 09:45 WIB
Ini Lho Jenis Makanan dan Minuman yang Bikin Sering Jerawatan (Dionysia Mayang)

Jerawat merupakan gangguan yang lumrah dialami setiap orang.

Sayangnya, kehadiran jerawat sering mengganggu penampilan dan bikin tak percaya diri.

Terkait hal ini, data statistik kesehatan dunia (2012) mengungkap tingkat kehilangan hidup sehat dan berkualitas akibat jerawat terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Baca: 4 Manfaat Tak Terduga Bawang Putih Untuk Cegah Penuaan dan Jerawat

Dan hal ini berlaku baik bagi laki-laki dan perempuan dari kelompok usia tertentu di Indonesia.

Setidaknya terdapat 37 persen perempuan dan 36,5 persen laki-laki memiliki masalah dengan jerawat.

Jerawat biasanya akan banyak muncul pada perempuan di usia 20 hingga 24 tahun dan laki-laki pada usia 15 hingga 19 tahun.

Sementara itu kelompok usia sekitar 15 hingga 49 tahun paling banyak mengalami jerawat dibanding kelompok usia lain.

Dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK., Dip. AAAM, MH-Kes, FKKCS menjelaskan bahwa jerawat merupakan permasalahan kulit umum yang terjadi pada usia remaja atau fase pubertas.

Baca: Oatmeal Bisa Dipakai untuk Masker Wajah

“Di fase pubertas, perubahan kadar hormon membuat produksi minyak atau sebum lebih banyak,” jelasnya.

Jerawat kemudian akan muncul ketika minyak tercampur dengan sel-sel mati dan menyumbat pori-pori kulit.

Sebanyak 99 persen jerawat muncul di area wajah, di mana jerawat akan banyak muncul pada wajah bagian bawah pada perempuan usia dewasa dan area wajah bagian atas pada remaja perempuan.

“Ketika campuran minyak dan kotoran semakin besar dan mendekati jaringan kulit, maka akan terjadi pembengkakan, ruam kemerahan, bahkan juga menimbulkan nanah,” jelas dr. Edwin yang juga praktik di RS Siloam, TB Simatupang, Jakarta tersebut.

Ada banyak penyebab jerawat, seperti pemakaian pelembab dan make up, genetik, kebersihan kulit, pola tidur, stress, hormonal, dan makanan yang kita konsumsi.

“Makanan dan minuman manis seperti coklat, softdrink, dan lainnya seperti gorengan, makanan berminyak, bersantan, dan berlemak yang dikonsumsi secara berlebihan akan sangat mudah memicu munculnya jerawat,” jelasnya.

Ia pun menyarankan, perbanyak konsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuh kita, tidur cukup dan usahakan kurang dari pukul 11 malam.

Selain itu, rajin menjaga kebersihan wajah, menjaga gaya hidup dan pola makan, serta tidak menggunakan make up seharian tanpa dibersihkan juga membantu mencegah jerawat hadir di wajah kita.

Yuk, dipraktekkan!