Si Kecil Lagi Doyan Makan? Makan Terlalu Banyak Ternyata Tidak Bagus, Wah!

By , Senin, 8 Mei 2017 | 02:30 WIB
5 Cara Mudah Bikin Anak Nafsu Makan (Nova)

Banyak anak mengalami peningkatan nafsu makan. Tak hanya anak laki-laki, tapi anak perempuan juga, umumnya mereka yang baru mendapatkan menstruasi pertamanya. Tapi ternyata, makan terlalu banyak tidak bagus secara kesehatan. Wah!

Baca: 4 Cara Mudah Orangtua untuk Memberi Gizi Seimbang pada Anak

Makan sebaiknya dilakukan ketika kita belum benar-benar merasa lapar. Makan di waktu yang tepat memang sangat di anjurkan untuk memelihara gaya hidup sehat.

Ketika kita makan setelah rasa lapar melanda, jumlah makanan yang dikonsumsi terkadang melebih batas anjuran. Ahli Gizi, Sari Sunda Bulan mengatakan, batasan jumlah karbohidrat seseorang adalah sebesar kepalan tangannya.

"Karbohidrat bisa kita dapat dari beras putih, merah atau kentang. Jika ditanya jumlahnya, hanya sekepalan tangan kita, tidak lebih," kata Sari Sunda Bulan, yang dijumpai  di Kuningan, Jakarta Selatan.

Makanan yang seimbang yaitu cukup karbohidrat, vitamin protein dan serat. Karbohidrat yang kita makan harus didampingi dengan vitamin. Sumber vitamin bisa diperoleh dari sayuran.

"Jumlah sayuran sekali makan adalah sebesar telapak tangan kita atau seperempat gelas," katanya lagi.

Baca: Makan Beragam Atasi Masalah Pencernaan

Kemudian buah pun wajib utuk kita konsumsa usai makan besar. Bukan sekadar makanan pencuci mulut, buah pun banyak mengandung vitamin.

"Sebaiknya 3-4 porsi dalam satu hari. Buah sangat baik untuk asupan vitamin dan melancarkan buang air besar," tandasnya.