Jangan Berteriak Kalau Puting Susu Tergigit Anak, Begini 3 Cara Melepaskannya

By , Kamis, 23 Maret 2017 | 02:00 WIB
Penyambung puting transparan juga membantu ibu agar bisa menyusui bayinya (Nova)

Ibu menyusui pasti pernah mengalami puting susu tergigit anak. Jangan berteriak kalau puting susu tergigit anak. Ada 3 cara untuk mengatasinya.

Baca: Pentingnya ASI

"Jangan teriak, tahan sedikit sakitnya, komunikasikan dengan anak kalau ia menggigit rasanya sakit nanti tidak bisa nenen lagi," kata Dr. Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM, SELASI., saat ditemui di InterContinental Jakarta MidPlaza, Jakarta Selatan.

1. Komunikasikan

Jangan berteriak dan katakana pada anak, “Sayang, jangan digigit karena sakit. Dilepas dulu ya, nanti kalau digigit tidak bisa minum ASI lagi.”

Tak perlu khawatir, meski masih bayi, anak sudah bisa diajak berkomunikasi. Kalau ibunya berteriak, anak akan kaget dan bukan tak mungkin jadi tidak mau minum ASI lagi.

2. Tarik Lembut

Sembari memberitahunya supaya melepaskan gigitan, usahakan untuk menarik lembut payudara dengan cara menekannya supaya bisa terlepas dari mulut anak.

3. Tekan Hidung

Bila dua usaha itu belum berhasil, tekan sebentar hidung anak, sampai ia membuka mulut dan melepaskan gigitan. Tapi ingat, tekan hidung anak dengan lembut dan jangan terlalu lama.

Baca: 4 Masalah saat Menyusui