Begini 3 Cara Mengenali Bayi Lapar

By , Kamis, 23 Maret 2017 | 04:00 WIB
Cara Mengatasi Bayi Rewel saat Pertama Kali Tumbuh Gigi (Nova)

Bayi belum bisa terlalu banyak berekspresi ketika ia merasakan sesuatu, termasuk rasa lapar. Semua diekspresikannya melalui tangisan. Begini 3 cara mengenali bayi yang sedang lapar.

Baca: Memahami Tangisan Bayi

1. Mimik Muka

Jika bayi lapar, hal pertama yang ia lakukan adalah memberi tanda mimik muka. Bayi akan mengecap-ecap bibirnya ketika ia mulai merasa lapar. Sayangnya tidak semua ibu mengetahui pertanda lapar ini.

"Kalau ibu mengenali tanda ini, segera berikan ASI, " jelas dr. Wiyarni Pambudi, SELASI., saat ditemui di InterContinental Jakarta MidPlaza, Jakarta Selatan.

2. Mengisap Jari

Tanda berikutnya yang kerap dilakukan bayi untuk memberi sinyal jika lapar adalah mengisap jarinya. Saat mengisap jari, ia berharap ibunya memahami jika ia lapar.

"Tanda itu artinya bayi sudah lapar. Sehingga akan sangat mudah untuk minum ASI," katanya lagi.

3. Menangis

Menangis adalah tahap akhir bayi memberi sinyal jika ia sudah sangat lapar. Sebenarnya ketika bayi menangis, ia sudah memasuki tahap frustasi.

Pada tahap ini, bayi akan sulit untuk minum susu, karena ibu dan bayinya sudah merasa panik. Seringkali ibu menganggap anaknya tak lagi mau minum ASI dan mencarikan makanan pengganti.

"Jika sudah menangis, anak panik ibu juga panik, anak sulit untuk minum susu. Tahap ini kerap disalah artikan ibu bahwa anaknya tidak mau minum ASI lagi," tutupnya.

Baca: Tragis, Bayi Ini Tewas Kelaparan Lantaran Ibunya Overdosis Narkoba!