Ternyata, Terlalu Asyik dengan Laptop dan Gadget Bisa Timbulkan Cedera Saraf

By , Minggu, 30 April 2017 | 06:30 WIB
Kebiasaan Mengetik di Komputer Kurangi Kemampuan Kerja Otak, Lo! (Nova)

Aktivitas yang monoton ternyata berdampak buruk terhadap kesehatan. Misalnya duduk berjam-jam di balik komputer sembari mengetik atau menggunakan gadgetnya.

Aktivitas monoton itu akan menyebabkan kesemutan di jari-jari tangan. Dr. Manfaluthy Hakim, SpS (K)., menjelaskan, posisi yang salah dan dilakukan dalam waktu lama serta berulang setiap harinya akan membuat cedera pada saraf.

Baca: 4 Gangguan Kesehatan Saraf ‘Akut’ Karena Gadget

"Posisi sudah menggangu fungsi saraf kalau berlangsung lama dan berulang-ulang, kalau sebentar tidak masalah. Setiap hari begitu, pasti posisi tangan kita begini (posisi mengetik di keyboard komputer) itu namanya injury pada s‎araf," katanya saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Serupa dengan penggunaan gadget yang terlalu lama. Ternyata posisi tangan kita saat itu bukan posisi yang tepat. Jika berlangsung lama tangan kita akan terasa kaku.

"‎Memegang gadget lama-lama di sini kaku. Dalam berapa jam sudah berapa kali begini, posisi yang salah dalam waktu yang lama," katanya lagi.

Lalu, bagaimana mengatasinya? "Luruskan kedua tangan atau kaki, sejajar  dengan posisi jantung. Bisa juga duduk dengan kaki selonjor. Posisi saraf yang tertekuk lurus lagi," imbuhnya.

Tangan yang kaku karena penggunaan gadget  terlalu lama, sebaiknya istrirahatkan tangan dalam beberapa menit.‎ Lalu kurangi intensitas dengan gadget.

"Misalnya, kalau sep‎uluh menit sudah kesemutan, kurangilah durasinya jadi lima menit saja. Ubah ke posisi yang benar, walaupun nyamannya begitu, tapi ternyata salah," tutupnya.

Baca: Cara Mudah Mengatasi Mata Lelah Akibat Kelamaan di Depan Komputer