Ini Penyebab Pria Berbadan Gemuk Cenderung Rendah Gairah Seksnya

By , Senin, 1 Mei 2017 | 08:15 WIB
Pria lebih gemuk setelah menikah? (Nova)

Coba perhatikan, jika suami mulai memasuki usia kepala empat, apakah ada tanda-tanda gairah seksualnya menurun? Jika iya, bisa jadi mulai ada penurunan hormon testosteron. Salah satu penyebabnya adalah kegemukan.

Sindrom Defisiensi Testosteron (TDS) dikaitkan dengan beragam gejala yang dapat menyebabkan morbilitas yang signifikan. Misalnya, berkurangnya hasrat seksual bahkan disfungsi ereksi.

(Baca : Catat ya, Ini 5 Cara Mudah Melejitkan Gairah Agar Seks Tetap Membara)

Pada umumnya, TDS banyak dialami oleh pria seiring bertambahnya usia mereka. Menurut sebuah studi dari 2.165 pria berusia 45 tahun terdapat 38,7 pria yang memiliki kadar testosteron yang rendah yaitu kurang dari 300mg/mL.

Penasaran hal apa saja yang memengaruhi turunnya jumlah hormon laki-laki yang memiliki pengaruh terhadap gairah seksual ini? Berikut ulasan dari dr.Nugroho Setiawan, MS, SpAnd.

(Baca : Gairah Seksual Wanita Memuncak di Usia 40 Tahun, Ini Faktanya 1. Usia Usia adalah faktor utama mengapa testosteron suami menurun setelah usia 40 tahun. Ini adalah hal yang normal dan setiap pria nantinya akan mengalami hal demikian. Sebab proses metabolisme tubuh seiring bertambahnya usia akan semakin menurun. 2. Gaya Hidup Gaya hidup ini mengacu pada pola tidur suami. Tidur yang normal adalah 6-8 jam per harinya. Tidur yang baik adalah dalam keadaan gelap dan dalam. 3. Bobot Tubuh Bobot tubuh ternyata juga memengaruhi kuantitas hormon testosteron. Berat badan yang berlebih atau obesitas akan menekan testosteron sehingga jumlahnya lebih rendah.

Sementara orang yang berbadan kurus belum tentu juga memiliki testosteron tinggi, sebab gaya hidup setiap orang berbeda-beda.

(Baca : Ini 4 Hal yang Membuat Suami Hilang Gairah, Mau Tahu?)

4. Gizi Berimbang Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan takaran gizi yang seimbang.

Pria yang tidak memiliki gizi seimbang memengaruhi jumlah hormon testosteron. 5. Stres Banyak pria yang kerap menyimpan banyak pikiran dan masalah pekerjaan kantornya. Tanpa disadari ia mengalami stres yang juga berpengaruh dengan hormon testosteronnya dan ujungnya bermasalah dengan gairah seksual.