6 Khasiat Daun Kemangi untuk Kulit Wajah Lebih Cerah

By , Minggu, 9 April 2017 | 12:00 WIB
Manfaat Nyata Sel Punca Untuk Wajah Awet Muda Bebas Keriput (Nova)

Daun kemangi selain dikenal sebagai daun penyedap masakan, ternyata juga memiliki khasiat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Daun kemangi membuat kulit wajah lebih halus, kencang, dan cerah merata.

Hal tersebut dikarenakan sejumlah besar vitamin, protein, dan nutrisi yang ditemukan dalam daun kemangi, dapat membantu untuk membuat kulit sehat dan bercahaya. 

Berikut ini cara mudah membuat masker daun kemangi untuk mencerahkan kulit wajah menurut Boldsky.com:

1. Obat Jerawat

Daun kemangi mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang membantu untuk menyembuhkan jerawat dengan mudah. Ia bekerja sebagai pembersih kulit alami yang membantu untuk menyingkirkan kotoran dan debu dari wajah. 

Caranya:

Ambil beberapa daun kemangi dan tumbuk bersama beberapa potong kunyit. Oleskan sebagai masker pada wajah. Cuci dengan air bersih setelah mengering.

2. Kulit Lebih Bercahaya 

Daun kemangi mengandung banyak antioksidan yang membantu membuat kulit sehat dan bercahaya. 

Caranya:

Ambil beberapa daun kemangi. Tambahkan dengan satu sendok gliserin kemudian campurkan. Lalu, gunakan sebagai masker wajah setiap hari. Tak masalah mengulangi proses ini dua kali dalam sehari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

3. Menyamarkan Bekas Luka

Daun kemangi menyamarkan bekas luka dan tanda di wajah.

Caranya:

Ambil beberapa lembar daun kemangi dan tumbuklah sampai halus. Tambahkan satu sendok madu dan satu sendok lemon untuk masker. Oleskan masker ini pada wajah dan bilas dengan air.

(Baca: 7 Bahan Alami Ini Bikin Kulit Lebih Lembap dan Bening)

4. Menyembuhkan Infeksi Kulit 

Daun kemangi memiliki sifat antibakteri yang membantu untuk menyembuhkan infeksi kulit. 

Caranya:

Ambil beberapa daun kemangi, tumbuk halus. Campurkan dengan setengah cangkir yogurt. Oles merata hingga mengering, lalu bersihkan.

5. Cerahkan Kulit Wajah

Setiap wanita bermimpi memiliki kulit wajah lebih cerah. Kandungan vitamin dan mineral di dalam daun kemangi bermanfaat untuk mengusir noda dari wajah sehingga wajah lebih cerah merata. 

Caranya:

Haluskan beberapa lembar daun kemangi dan gilinglah. Campur dengan satu sendok bubuk cendana dan air hingga berbentuk seperti pasta. Gunakan pada wajah. Kemudian, bilaslah dengan air. 

6. Anti Aging

Menggunakan daun kemangi pada kulit dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan, berkat sifat anti-penuaan yang ditemukan di dalamnya. Menggunakan daun kemangi juga membantu untuk mengencangkan kulit sehingga wajah tampak lebih muda. 

Caranya:

Tumbuk daun kemangi dan tambahkan sedikit minyak kelapa. Terapkan pada wajah beberapa menit. Gunakan dua kali dalam satu hari agar kulit terlihat lebih bersinar.