Jangan Mau Punya Hidung Landak! Ini 7 Cara Mudah Hindari Komedo

By Kontributor Nova.id, Rabu, 12 April 2017 | 10:00 WIB
#29CaraCantik: Rajin Bersihkan Wajah Demi Kulit Cantik Bebas Komedo & Jerawat (Kontributor Nova.id)

Komedo muncul karena pori-pori kulit tersumbat oleh minyak (sebum), lapisan sel tanduk, juga bakteri. Jenisnya sendiri ada 2, komedo hitam dan komedo putih. Selain merusak penampilan, komedo dapat merangsang pertumbuhan jerawat. Jangan khawatir, ada 7 cara mudah agar terhindar dari masalah ini.

1.Pakai kosmetik bebas minyak serta berbahan dasar air. Dengan begitu kulit tidak mudah terseumbat oleh minyak atau sebum. Baca juga soal 7 Kelebihan dan Kekurangan Jenis Kosmetik Berbasis Air, agar semakin yakin dengan pilihan ini.

2.Rajinlah membersihkan wajah, yaitu paling tidak sebanyak dua kali sehari.

3.Jangan memencet hidung untuk menghilangkan komedo. Cara ini justru akan membuat kulit kemerahan dan meradang. Pori-pori pun akan bertambah besar.

(Baca:Sebal dengan Komedo? Coba 9 Ramuan Ampuh Ini Agar Cepat Hilang)

4.Gunakan masker wajah alami, yaitu campuran putih telur dan madu yang dihangatkan. Tempelkan dengan kapas di bagian T hingga kering. Angkat perlahan dan bersihkan wajah dengan air hangat.

5.Jika ada waktu, lakukan penguapan wajah dengan baskom berisi air hangat. Tutupi kepala dengan handuk lebar. Lalu, gosok perlahan daerah hidung dengan scrub wajah. Bilas wajah dengan air bersih dan tutup kembali pori-pori dengan toner.

6.Lakukan facial dan peeling wajah secara teratur dua minggu sekali. Dengan demikian penumpukkan kulit mati akan terangkat.

(Baca juga: Wajah Bebas Komedo Dengan Metode Peeling Komedo)

7.Konsultasikan ke dokter atau dermatologis bila komedo tetap membandel.