4 Penyebab Kehilangan Nafsu Makan Secara Ekstrem, Salah Satunya Karena Jamur

By , Sabtu, 13 Mei 2017 | 06:00 WIB
Makan Saat Sedih Malah Bisa Bikin Sakit, Ini 4 Cara Mencegahnya (Nova)

Kehilangan nafsu makanan bukan perkara yang aneh. Bahkan beberapa dari kita pun pasti pernah merasakan kehilangan nafsu makan. Gaya hidup yang salah terkadang 'membunuh' nafsu makan kita. Normalnya setelah bangun tidur kita akan merasa lapar dan memulai hari dengan sarapan lezat. Tetapi ada kalanya kita kehilangan nafsu makan, dan itu bukan perkara aneh.

Bisa jadi karena kita bosan dengan menu makanannya, dalam kondisi kurang fit, terlalu banyak makan pada malam harinya, atau karena memulai hari dengan tergesa-gesa.

Namun bagaimana jika hingga beberapa hari kita bahkan tidak merasa ingin sarapan? Bahkan bisa berlanjut merasa tidak ingin makan apa-apa sepanjang hari. Jika itu terjadi, ada gejala yang berbahaya. 

Sebab tubuh manusia membutuhkan sumber energi melalui nutrisi dalam bentuk makanan. Jika kita tidak merasa lapar, berarti mekanisme nafsu makan tidak berfungsi dengan baik.

(Baca: 7 Tanda Diabetes Mellitus Pada Anak, Salah Satunya Nafsu Makan Turun Drastis)

Ada beberapa indikasi medis yang membuat kita kehilangan nafsu makan secara ekstrem.

1. Iritasi Usus

Jika mengalami rasa sakit di perut atau menderita masalah usus, kita merasa tidak ingin makan apa pun karena perut terasa kembung dan berisi gas.

2. Masalah di Organ Hati

Kurangnya nafsu makan selama berhari-hari dibarengi dengan gejala lain seperti kelelahan, mual, dan diare juga bisa menjadi tanda ada masalah di organ hati.

(Baca: Piring Warna Biru Bisa Kendalikan Nafsu Makan, 1 dari 10 Cara Diet yang Gampang Dicoba)

3. Infeksi Jamur

Infeksi jamur dapat membunuh keinginan untuk makan apa pun. Jika memiliki infeksi jamur di mulut, kita mungkin tidak dapat mencicipi atau merasakan makanan dan itu bisa merusak nafsu makan. Sebelum infeksi menyebar, berkonsultasilah pada dokter.

4. Kekurangan Vitamin dan Mineral

Kekurangan vitamin dan mineral juga dapat memengaruhi nafsu makan. Cari tahu apakah kita menderita kekurangan zat besi atau vitamin B12.

Perhatikan juga gejala yang timbul akibat kekurangan vitamin dan mineral, seperti kelelahan, sembelit, dan gusi berdarah.