Demo Hari Buruh, 17.000 Personel Polri Siap Amankan Jakarta

By Swita Amallia Alessia, Senin, 1 Mei 2017 | 02:00 WIB
Aksi demo para buruh 2014 lalu yang direkam mengunakan drone (Swita Amallia Alessia)

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, kepolisian sudah menerima laporan terkait aksi yang akan dilakukan oleh kelompok buruh dalam peringatan Hari Buruh Sedunia atau May Day, yang jatuh pada hari ini, Senin (1/5/2017).

Setyo menuturkan, berdasarkan laporan tersebut, estimasi jumlah buruh yang akan melakukan aksi long march berjumlah sekitar 30.000-40.000 orang.

(Baca : Mengharukan! Bayi Kembar Prematur ini Bertemu Kembali Setelah Salah Satunya Dirawat Selama Setahun di Rumah Sakit )

"Sudah kita ketahui bahwa ada rencana kegiatan dari kawan-kawan buruh di Jakarta dan beberapa provinsi. Estimasi buruh yang kami dapat laporan hingga sekarang sekitar 30.000-40.0000 orang," ujar Setyo saat ditemui di Gedung Juang, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (30/4/2017).

Setyo menuturkan, puluhan ribu buruh dari berbagai daerah di sekitar Jakarta akan melalukan aksi May Day dan berpusat di beberapa titik. Dua titik yang menjadi pusat aksi buruh yakni Istana Kepresidenan dan gedung Dewan Perwakilan Rakyat.

Terkait pengamanan, Polri akan menerjunkan sekitar 17.000 personel dan menerapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar kedua titik tersebut.

"Dari Polri tentunya mengharapkan aksi besok bisa berlangsung kondusif. Polei siap mengamankan," kata Setyo.

Kristian Erdianto/Kompas.com