Cerita Dibalik Pembuatan Patung Lilin Jokowi di Madame Tussauds Hong Kong

By Ade Ryani HMK, Jumat, 5 Mei 2017 | 07:45 WIB
()

Patung Lilin Presiden Indonesia yang telah lama ditunggu, Joko Widodo baru saja diluncurkan pada tanggal 1 May 2017 oleh Madame Tussauds Hong Kong.

Presiden Joko Widodo bersama keluarga dan staf pada Senin lalu mengunjungi Hong Kong untuk menyaksikan secara pribadi.

Pertama kalinya dalam sejarah, seorang pemimpin dunia mengunjungi dan memperkenalkan sosok tersebut secara langsung di Madame Tussauds Hong Kong, sebuah tempat wisata yang menjadi daya tarik di The Peak.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga berfoto bersama patung lilin Presiden Soekarno, mantan Presiden Republik Indonesia.

Patung lilin Presiden Joko Widodo berpakaian kemeja putih khasnya yaitu, kemeja putih dengan lengan baju digulung dan celana hitam.

Ia berdiri di samping layar LED raksasa yang menampilkan gambar infrastruktur dan pariwisata di Indonesia sebagai latar belakang.

"Saat orang datang mengunjungi "saya", mereka juga bisa menikmati tempat-tempat indah di Indonesia", jelas Presiden Joko Widodo seperti yang diwartakan Hong Kong Board Tourism.

Dan dibalik patung lilin tersebut, rupanya tersimpan cerita khusus dalam proses pembuatannya.

Sebab untuk memastikan bahwa patung lilin benar-benar mirip dengan penampilan Presiden Joko Widodo, beliau menghabiskan waktu berjam-jam duduk bersama tim Madame Tussauds Oktober lalu.

Mulai dari melakukan lebih dari 200 pengukuran, mulai dari warna mata, warna rambut, sampai penampilan fisik untuk menciptakan kemiripan yang persis sama.

"Ini 99,9% persis!" kata Presiden Joko Widodo yang dinobatkan sebagai salah satu 50 Pemimpin Besar Fortune di Dunia pada tahun 2014.

Dan rupanya pembuatan patung lilin Presiden Joko Widodo ini terpilih berdasarkan pemungutan suara polling oleh Madame Tussauds Hong Kong.

(Baca: Serba Serbi Kemeriahan Ulang Tahun Cucu Presiden Jokowi)

"Sebagai salah satu pasar Hong Kong di Asia yang penting, kami sangat bangga dapat menampilkan patung lilin Presiden Indonesia, Joko Widodo yang hanya tersedia di Madame Tussauds Hong Kong. Tahun ini, mulai dari Januari hingga Maret 2017, wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Hong Kong sejumlah 112,190 wisatawan, yang menandakan kenaikan sebesar 18,4% jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2016. Melalui usaha kami untuk terus fokus berinvestasi di Indonesia dan juga bekerja sama dengan maskapai penerbangan Hong Kong, kami percaya bahwa akan banyak menarik turis Indonesia untuk berkunjung ke Hong Kong dan merasakan pengalaman terbaik yang ditawarkan oleh kami, "ujar Simon Wong, Direktur Regional Hong Kong Tourism Board.