Hasil Survei: 3 Alasan Suami Enggan Gunakan Kondom Saat Berhubungan Intim

By Ade Ryani HMK, Rabu, 17 Mei 2017 | 06:30 WIB
Wah! Kondom ini Diklaim Berikan Orgasme Seks yang Berlipat Ganda (Ade Ryani HMK)

Untuk mengontrol kehamilan sekaligus mencegah terjadinya penularan berbagai penyakit menular seksual, cara yang efektif dan mudah adalah dengan menggunakan kondom.

Namun faktanya, ternyata tak sedikit pria yang enggan menggunakan kondom saat berhubungan seks.

Data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun 2012, menunjukkan bahwa hanya 4,7 persen pria yang menggunakan alat kontrasepsi.

Kemudian, hanya 2,5 persen dari pria yang menggunakan alat kontrasepsi tersebut yang menggunakan kondom ketika berhubungan seks.

(Baca: Cek! 5 Cara Penggunaan Kondom Agar Tak 'Bocor' Saat Hubungan Intim)

(Baca: Para Istri, Ini 5 Efek Kondom untuk Hubungan Intim yang Lebih Dahsyat)

Dari hasil survey yang dilakukan oleh Durex yang dikenal sebagai produsen kondom, 30 persen laki-laki enggan memakai alat kontrasepsi karena dianggap dapat mengurangi kenikmatan, terasa tebal, dan menghasilkan bau tak sedap.

Padahal menurut dr. Heru H. Oentoeng, M.Repro., Sp.And., spesialis andrologi dari Siloam Hospitals, Kebon Jeruk, Jakarta, kondom merupakan alat kontrasepsi yang mudah dan efektif.

“Sebetulnya pria bisa ikut berpartisipasi dalam perencanaan keluarga dengan cara menggunakan kondom atau vasektomi,” jelasnya saat ditemui di bilangan SCBD, Jakarta.

(Baca: Kondom Wanita Membuat Hubungan Seks Lebih Nikmat, Benarkah?)

(Baca: Trik agar Pria Mau Gunakan Kondom)

Kondom menawarkan perlindungan paling aman dari infeksi menular seksual dengan memberikan halangan fisik, guna mencegah pertukaran air mani, cairan vagina, maupun darah antar pasangan.

“Oleh karena itu saat memakai kondom, pilihlah yang ukuran kondomnya pas dan bisa memberikan rasa nyaman. Selain itu, seseorang harus tahu cara memakai kondom yang benar dan tepat,” tutupnya.