Bukan Cuma Canggung, Ini Alasan Orang Menghindari Kontak Mata Saat Mengobrol

By Ade Ryani HMK, Senin, 12 Juni 2017 | 06:15 WIB
Bukan Cuma Canggung, Ini Alasan Orang Menghindari Kontak Mata Saat Mengobrol (Ade Ryani HMK)

Anda termasuk salah satu orang yang sukar melakukan kontak mata ketika sedang berbicara dengan orang lain?

Penelitian terbaru menunjukkan sebuah alasan yang akurat mengapa ada orang yang tak bisa dengan mudah melakukan kontak mata pada orang lain.

Tak sekadar karena mereka merasa canggung untuk menatap lawan bicaranya, namun kondisi otak yang memang tak sanggup bekerja bersamaan antara memikirkan kalimat yang akan disampaikan dengan fokus pada muka lawan bicara.

(Baca: Ternyata, Ini 5 Alasan Pria Melihat Bibir Anda Saat Diajak Bicara)

Orang dengan kondisi demikian akan semakin terlihat acuh ketika dia menemukan kata atau kalimat yang sukar dimengerti, sehingga semakin terlihat seolah tak ingin melakukan kontak mata.

Peneliti dari Kyoto University di Jepang melakukan riset pada 26 relawan untuk melakukan permainan kata sembari menatap komputer yang bisa membaca mimik wajah.

(Baca: Butuh Pelukan? Ini 10 Macam Pelukan yang Wajib Diketahui!)

Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa para relawan lebih sulit menemukan kata yang tepat sambil melakukan kontak mata.

Menurut para peneliti, meskipun kontak mata dan komunikasi verbal bisa berjalan seiringan, namun kontak mata lebih susah dilakukan.

Para relawan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memikirkan kata-kata yang akan disampaikan sembari melakukan kontak mata, terutama pada kata-kata yang tidak terasosiasi dengan kata yang terlalu luas maknanya.

(Baca: Anti Bohong, 8 Bahasa Tubuh yang Lebih Jujur Dibanding Kata-kata)

Sumber : www.superhv.com