Cegah Gangguan Mulut dan Tenggorok dengan Gargle Saat Sahur dan Berbuka

By Ade Ryani HMK, Sabtu, 10 Juni 2017 | 13:15 WIB
Cegah Gangguan Mulut dan Tenggorok dengan Gargle Saat Sahur dan Berbuka (Ade Ryani HMK)

Pada saat puasa, jumlah air liur di mulut kita berkurang karena adanya kekurangan asupan cairan, sehingga kontaminasi bakteri dan virus menjadi semakin mudah terjadi. Seperti yang dijelaskan oleh dr. Syahrial M. Hutauruk, SpTHT-KL(K), Ketua Divisi Laring Faring Departemen THT FKUI/RSCM, hal ini disebabkan oleh kurangnya lapisan air liur di mulut kita yang seharusnya dapat melawan bakteri.

Untuk mencegah infeksi mulut atau tenggorok, maka kita bisa melakukan gargle dari rongga mulut sampai pangkal tenggorok mengunakan obat kumur antiseptic yang mengandung Povidone-Iodine. Kandungan ini secara klinis terbukti membunuh kuman penyebab gangguan tenggorok dan mulut serta mencegah penyebarannya.

Educator and Trainer Mundipharma, Merry Sulastri menjelaskan bahwa Povidone-Iodine terbukti dapat mengurangi jumlah kuman pada rongga mulut sebanyak 99 persen dalam waktu singkat. Betadine Obat Kumur mengandung 1 persen Povidone-Iodine efektif teruji secara klinis dan aman digunakan pada rongga mulut dan juga daerah tenggorok.