Hati-hati, Konsumsi Obat Maag Jangka Panjang Bisa Bikin Tulang Keropos

By Ade Ryani HMK, Kamis, 22 Juni 2017 | 02:30 WIB
Hati-hati, Konsumsi Obat Maag Jangka Panjang Bisa Bikin Tulang Keropos (Ade Ryani HMK)

Bagi para penderita gangguan lambung seperti maag, obat maag atau obat penahan asam lambung adalah obat wajib yang harus dibawa kemana-mana.

Padahal, sebenarnya konsumsi obat maag dalam jangka panjang bisa menimbulkan efek samping yang serius.

(Baca: Mengapa Puasa Bisa Meredakan Sakit Maag? Ini Penjelasan Dokter)

Seperti yang dijelaskan oleh dr. Hardianto Setiawan Ong, Sp.PD-KGEH, FINASIM., konsumsi obat maag dalam jangka panjang memiliki berbagai efek samping, seperti osteoporosis dan anemia.

“Tidak semua orang sakit maag butuh obat, karena itu diagnosisnya harus tepat. Obat maag sendiri cara kerjanya menekan produksi asam lambung, padahal asam lambung berfungsi untuk menyerap mineral termasuk kalsium dan zat besi,” jelasnya pada NOVA.id.

(Baca: Minum Obat Jangka Panjang Sebabkan Ginjal Kronis, Benarkah?)

Menurut spesialis penyakit dalam dan konsultan gastroenterology dan hepatologi dari Siloam Hospitals, Kebon Jeruk, Jakarta, obat penahan asam lambung ini bisa mempengaruhi penyerapan mineral dalam tubuh.

Sementara itu, dari penelitian yang pernah dilakukannya, ditemukan bahwa hanya 40 persen di antaranya yang membutuhkan pengobatan, dan 60 persen disebabkan karena gangguan psikologis.

Lanjutnya, banyak penderita sakit maag yang harus melewati pendekatan psikologis, memanage stress, dan mengatur pola makan yang benar.

Untuk memastikan penyebab sakit maag, dr. Hardianto mengimbau agar pasien melakukan serangkaian pemeriksaan seperti endoskopi dan pH metri impedance, sehingga dokter bisa menentukan tata laksana yang tepat.

(Baca; Ngeri! Sering Minum Antibiotik Berisiko Terkena Kanker Usus)