Meski Terik, Pantai Karnaval Ancol Tetap Jadi Tempat Favorit Liburan

By Indira D. Saraswaty, Minggu, 2 Juli 2017 | 03:00 WIB
Meski terik, Pantai Karnaval Ancol tetap jadi tempat favorit liburan. (Indira D. Saraswaty)

Tak terasa, libur Lebaran tahun ini akan segera berakhir dalam beberapa hari. Sudahkah Anda berkunjung ke kawasan Ancol? Sejak Minggu (25/6) kemarin, kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol terus dipadati pengunjung yang ingin menikmati hari libur bersama keluarga dan orang-orang terkasih lainnya. Dari sekian banyak arena pariwisata yang terdapat di lahan seluas 552 hektar itu, Pantai Karnaval Ancol jadi salah satu arena rekreasi terfavorit.

(Baca juga: 8 Ide Liburan Anak di Jakarta dan Sekitarnya​) Berdasarkan pantauan NOVA.id sejak Kamis (29/6) pagi, area rekreasi yang diresmikan sejak tahun 1966 ini terus didatangi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburannya. Salah satunya dengan bermain air di pinggir pantai. Bahkan, tak sedikit juga pengunjung yang hanya duduk-duduk di sekitar area pantai. Padahal semakin siang, Matahari makin terasa membakar kulit.

Uniknya, mayoritas pengunjung Taman Impian Jaya Ancol memilih Pantai Karnaval Ancol sebagai destinasi liburannya karena dianggap tak perlu lagi merogoh kocek lebih untuk bisa bersantai dan menikmati hari. "Kalau ke yang lain lagi, kan, bayar lagi. Dufan atau Atlantis gitu, kan musti bayar. Pasti mahal. Apalagi kita ini rombongan. Duh.... Anak-anaknya banyak banget, bisa tekor," gelak Endang (38), salah seorang pengunjung asal Cibubur, saat dijumpai NOVA.id di kawasan Ancol pada Kamis (28/6). Untuk masuk ke area wisata Ancol, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp25.000/orang. Dengan harga ini, para orang tua sudah bisa memberikan liburan yang menyenangan bagi buah hati mereka.

Pada tengah hari, pantai yang diselimuti pasir putih itu perlahan mendadak jadi lautan manusia. Tepatnya dipenuhi anak-anak yang sibuk berlarian ke sana ke mari. Selain berfoto, ada begitu banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat berada di pantai yang buka 24 jam nonstop tersebut. Pengunjung bisa berenang, main voli, berkeliling area pantai dengan perahu, hingga duduk santai bersama keluarga. Kawasan wisata Ancol tetap beroperasi selama libur Lebaran. Pada Kamis (28/6) lalu, diketahui sudah 41.296 pengunjung yang datang.

(Baca juga: Anang Ajak Kedua Anaknya Jalan-jalan ke Ancol) Saat dikonfirmasi melalui saluran telpon, Humas Taman Impian Jaya Ancol, Rita Lestari membenarkan jumlah pengunjung yang terus membludak. "Iya, betul. Tapi ini malah agak sepi. Kemarin Lebaran kedua dan ketiga lebih padat lagi. Orang jalan aja sampai susah," tuturnya.

(Baca juga: 4 Ciri Khas Orang Indonesia Saat Liburan, Anda yang Mana?​) Di tengah ramainya pengunjung yang terus datang dan pergi, keamanan tak luput dari pertimbangan penting.

Untuk itu manajemen pengelola Taman Impian Jaya Ancol bekerjasama dengan kepolisian mensiagakan tim keamanan khusus.

Diketahui ada sebanyak 1.085 personel gabungan dari Polres Jakarta Utara, TNI, dan petugas Satpol PP DKI yang terus siaga menjaga keamanan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara semasa libur Lebaran tahun 2017 ini.