Wah, Memajang Foto-foto di Media Sosial Baik Bagi Kehidupan Kita, Lo!

By Indira D. Saraswaty, Kamis, 6 Juli 2017 | 05:15 WIB
(Ilustrasi) Media sosial (iStockphoto)

Bagi sebagian orang, mungkin memajang dan membagikan keseharian lewat foto-foto yang diunggah di media sosial merupakan hal yang tak perlu.

Namun ternyata, menurut penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Psychological Science ditemukan bahwa merekam momen penting melalui foto dan mengunggahnya ke media sosial bisa membantu kita mengingat berbagai pengalaman dengan mudah.

Menariknya, hasil penelitian ini berbanding terbalik dengan penelitian sebelumnya, di mana ditemukan bahwa foto-foto yang diunggah ke media sosial justru bisa merusak memori kita.

(Baca juga : Alasan Kenapa 3 Foto Ini Jangan Diunggah ke Media Sosial)

Penelitian yang dilakukan pada 2013 di Fairfield University menemukan bahwa orang yang mengunggah foto dengan objek apapun ke media sosial, mereka justru tak mudah mengingat momen tersebut.

Linda Henkel, salah satu peneliti yang melakukan riset tersebut menyebutkan bahwa orang  cenderung fokus pada bagaimana mereka mengambil gambar yang bagus, dan tak begitu memperhatikan apa yang di depan mereka.

Sementara itu menurut Science Daily, para peneliti menemukan bahwa seseorang yang sering mengabadikan momen melalui foto justru akan lebih mengingat segala detail terkait objek yang mereka abadikan.

(Baca juga : 4 Cara Mudah Posting Foto Narsis Selain di Path)

Penelitian yang dilakukan oleh Cornell University pada 2016 menyebutkan, mengunggah foto-foto keseharian kita ke media sosial akan memudahkan ingatan kita pada berbagai momen.

Selain itu, ditemukan bahwa keterkaitan emosional pada suatu momen pun lebih mudah diingat melalui foto-foto tersebut.

Qi Wang, salah satu peneliti dari riset tersebut mengatakan bila kita ingin mengingat suatu momen, cara terbaik adalah dengan mengunggahnya ke media sosial.

Namun kita perlu mengingat, bahwa tetap ada batasan-batasan mengenai apa yang perlu kita unggah dan tidak, karena tentu saja ada dampak negatif bila kita mengunggah semua aktivitas kita.