Ingin Mengurangi Risiko Serangan Jantung? Menikahlah!

By , Minggu, 16 Juli 2017 | 04:15 WIB
Ingin Mengurangi Risiko Serangan Jantung? Menikahlah! (Nova)

Banyak hal baik yang kita dapatkan, setelah kita menemukan pasangan hidup dan menikah.

Salah satu di antaranya adalah meningkatkan kemampuan kita untuk bertahan dari serangan jantung, seperti yang dilaporkan oleh para ahli.

Orang yang menikah memiliki kemungkinan 14 persen lebih kecil untuk meninggal karena serangan jantung, dibandingkan orang yang melajang, dan lebih buruk kemungkinannya pada orang yang bercerai.

Orang yang pernah menikah dan bercerai bahkan memiliki 7 persen kemungkinan lebih buruk untuk meninggal karena serangan jantung.

Bisa jadi, pengaruh stress dan lingkungan sosial juga mempengaruhi kemungkinan tersebut.

Para peneliti meyakini bahwa kehidupan rumah tangga yang sehat akan merefleksikan kondisi mental dan fisik baik suami maupun istri.

Nicholas Gollop, peneliti medis dari University og East Anglia mengatakan, pernikahan yang dijalani oleh pasien serangan jantung mempengaruhi bagaimana semangat pasien itu untuk sembuh.

Dia mengatakan, pasien serangan jantung yang sudah berkeluarga hanya menghabiskan waktu untuk dirawat di rumah sakit selama enam hari.

Berbeda dengan pasien lajang yang bisa menghabiskan waktu perawatan dua hari lebih lama.

Namun yang perlu diingat bila kita mengalami serangan jantung, meskipun kita masih lajang atau telah bercerai, jangan berpikir kalau kita sendirian.

Lakukan juga kebiasaan yang baik terutama untuk jantung, seperti latihan kardio yang juga baik dilakukan selama pemulihan dari serangan jantung.