7 Fakta Mandi Air Panas yang Nggak Terlalu Dianjurkan, Salah Satunya Bikin Kulit Jadi Kering Loh

By , Sabtu, 22 Juli 2017 | 13:45 WIB
Cukup 5 Menit, Mandi Terlalu Lama Justru Bikin Kulit Kering dan 'Undang' Bakteri (Nova)

Nova.ID - Beberapa orang mempercayai jika mandi menggunakan air panas memberikan sensasi rileks pada otot-otot anda. Terutama setelah melakukan sejumlah rutinitas harian, rasanya mandi air panas menjadi solusi yang tepat untuk menutup hari anda.

Namun tahukan anda, dikutip dari situs kesehatan Blodsky.com, di sana dikatakan bahwa mandi menggunakan air panas tidak selalu dianjurkan. Berikut beberapa fakta yang akan terjadi pada tubuh anda ketika mandi menggunakan air panas.

Fakta 1 Bila suami anda rutin mandi menggunakan air panas sepulang dari kantor, ada baiknya anda mulai membatasinya. Pada pria, shower panas bisa mempengaruhi kesuburan. Air panas bisa merusak sel sperma. Pria yang mandi menggunakan air dingin bisa menikmati sedikit peningkatan jumlah sperma. Sel sperma tidak bisa bertahan pada suhu yang panas.

(Baca juga: Wah... Mandi dengan Air Dingin Justru Menyehatkan Payudara, Lo!)

Fakta 2 Sebuah studi mengungkapkan bahwa mandi dengan air panas di iklim yang sangat dingin berisiko ke organ jantung. Ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung juga! Jika terpaksa menggunakan air dengan suhu lebih tinggi, pilihlah suhu suam kuku atau setara dengan suhu tubuh anda.

Fakta 3 Mandi air panas mengurangi kelembaban kulit dan membuatnya terlihat kering, bersisik, pecah dan rusak. Terutama wanita, pastinya menginginkan kulit yang sehat dan terlihat cerah. Lebih baik sekarang mulai mengurangi penggunaan air panas saat mandi.

Fakta 4 Banyak penelitian mengklaim bahwa mandi dengan air dingin meningkatkan kekebalan tubuh. Di sisi lain, air panas bisa berbahaya terutama setelah anda keracunan. Beberapa zat mengubah tekanan darah dan detak jantung. Mandi air panas bisa memperburuk efek zat tersebut

Fakta 5 Mandi air panas bisa menyebabkan perubahan tekanan darah secara tiba-tiba. Panas bisa menyebabkan vasodilatasi. Jadi, hati Anda perlu bekerja lebih keras untuk memompa darah. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada orang-orang dengan masalah kardiovaskular.

(Baca juga: Bukan Menyiram Air Dingin untuk Mengatasi Kesemutan, Begini Cara yang Benar)

Fakta 6 Pada beberapa orang, air panas juga bisa menyebabkan sensasi pusing. Ini karena adanya perubahan yang bisa terjadi pada tingkat tekanan darah.

Fakta 7 Nah, karena perubahan yang terjadi pada sistem peredaran darah, beberapa orang bahkan mengalami mual saat mereka berendam di bak mandi dengan air panas. Dianjurkan untuk tidak mandi setelah makan. Sebab, bisa menyebabkan muntah.

So Ladies, untuk sekadar menikmati sensasi rileks anda bisa menggunakan air yang tidak terlalu panas. Cobalah sesuaikan dengan suhu tubuh anda.