Makan Jengkol? Siapa Takut! Ini Cara Hilangkan Bau Jengkol yang Aduhai

By , Senin, 14 Agustus 2017 | 02:57 WIB
Mumpung Jengkol Murah, Yuk Kulik Cara Menghilangkan Baunya yang Aduhai (Nova)

NOVA.id - Percaya atau tidak, jengkol sebenarnya banyak disukai orang, lho. Hanya saja, beberapa orang memilih untuk tidak makan karena takut baunya mengganggu pekerjaan.

Nah, supaya seluruh keluarga bisa bebas makan jengkol, hilangkan saja aromanya yang aduhai. Mungkin tidak bisa sepenuhnya hilang.

Tapi paling tidak bisa diminimalisir. Karena, kenikmatan jengkol ada pada aromanya, jadi sayang kan kalau dihilangkan semua.

Yuk, kita kulik cara menghilangkan bau jengkol berikut ini:

(Baca juga: Mudah! Yuk, Siapkan Cah Kacang Panjang Otak-Otak untuk Santap Malam

1. Bakar jengkol Membangkar jengkol bisa menghilangkan baunya, lho. Caranya, bakar jengkol bersama kulitnya sampai kulitnya kering dan sedikit terkelupas. Setelah itu kupas kulitnya dan masak seperti biasa.

2. Gunakan abu gosok Rebus jengkol di dalam air yang diberi sedikit abu gosok sampai agak lunak. Tiriskan jengkol dan cuci bersih untuk menghilangkan serpihan abu gosok yang mungkin melekat pada jengkol. Setelah bersih, jengkol siap dimasak.

3. Rendam dalam air kapur sirih Cukup rendam jengkol dalam air kapur sirih selama semalaman. Setelah itu tinggal tiriskan dan rebus jengkol seperti biasanya.

(Baca juga: Sayur Besan dari Betawi yang Banyak Dicari)

4. Manfaatkan daun salam dan daun jeruk Sebelum diolah, rebus dulu jengkol dengan daun salam, daun jeruk ataupun keduanya. Daun aromatik ini bisa mengurangi aroma jengkol dan membuatnya lebih harum.

Nah, bagiamana? Sudah banyak cara yang bisa dicoba kan? Kalau sudah begini, kita tidak perlu ragu lagi memasak jengkol di rumah. Ayo, segera ke pasar dan beli jengkol mumpung harganya sedang murah.