Mengulek Bumbu Pakai Cobek Itu Susah? Ikuti Dulu Tips Ini Dijamin Mudah

By , Minggu, 27 Agustus 2017 | 14:22 WIB
Membuat bumbu dasar agar memasak lebih praktis. (Nova)

NOVA.id - Jangan dulu buru-buru memblender cabai, sambal atau bumbu kala ingin menggunakan versi halusnya. Kata sebagian orang, bumbu yang diblender dan diulek punya cita rasa yang berbeda. Yang diulek manual dipercaya lebih enak, aromanya juga lebih keluar.

Apalagi ibu modern lebih memilih menggunakan penghalus bumbu daripada berkeringat mengulek bumbu.

Berikut tipsnya seperti yang dilasir NOVA.id darisajiansedap.grid.id:

1. Potong bahan dalam ukuran kecil Sudah pasti mengulek jadi lebih mudah kalau bahannya sudah dipotong kecil. Saat akan membuat sambal misalnya, potong dulu aneka cabai, bawang sampai tomatnya sebelum digoreng. Kalau ingin membuat bumbu soto, segala macam jahe, kunyit atau lengkuas juga harus dipotong kecil dulu.

(Baca juga: Anak Presiden, Kahiyang Ayu Tak Gunakan Fasilitas Mewah Saat Bepergian, Ini Reaksi Netizen

2. Ulek bahan satu per satu Ingat, masukkan bahan satu per satu bukan sekaligus. Dengan begitu kerja kita akan makin ringan.

3. Masukkan bahan dari yang paling keras teksturnya Urutan dalam mengulek juga penting, lho. Pastikan untuk mengulek dari bahan yang paling keras teksturnya. Kalau mengulek sambal misalnya, pertama kali ulek dulu cabainya. Setelah itu baru terasi, bawang dan kemudian tomat. Tujuannya supaya cabainya yang agak keras itu, punya waktu lebih lama untuk diulek sehingga makin lumat.

Kalau mengulek bumbu, biasanya kita menggunakan kemiri. Nah, kemiri ini punya tekstur lebih kerasa lagi. Jadi pastikan untuk menggeprek dulu kemiri dengan cobek sampai agak hancur, ulek sedikit, baru tambahkan cabai. Hal ini berlaku juga untuk ketumbar atau jintan.

(Baca juga: Aurel Hermansyah Kini Punya Tato Bunga di Lengan)

4. Selalu tambahkan garam di awal mengulek Garam bukan cuma punya manfaat mengasinkan makanan. Ketika mengulek, garam juga membantu bahan lebih mudah lumat dan menghindari bahan loncat dan cobek. Jadi, pastikan menaburkan garam pada bahan pertama yang akan diulek.

5. Mengulek tidak sama dengan menumbuk Ingat, mengulek berarti menggilas adonan, bukan menumbuk. Jadi, gunakan gerakan yang benar supaya bisa lebih maksimal hasilnya.

(Baca juga: Wah! Ternyata 3 Artis Muda Berbakat Ini Jadi Duta ASEAN Loh, Salah Satunya Hamish Daud?)

Bagaimana? Sekarang sudah siap mengulek lebih mudah menggunakan cobek? Awalnya mungkin terasa melelahkan. Tapi, lama kelamaan pasti jadi terbiasa. Selamat mencoba! (*)