Waspada Lonjakan Kendaraan pada Puncak Arus Balik Libur Idul Adha, Perhatikan Hal Ini

By Dionysia Mayang, Sabtu, 2 September 2017 | 09:03 WIB
Gerbang Tol Cikarang Utama | Kompas.com (Dionysia Mayang)

NOVA.id – Libur Idul Adha 2017 yang jatuh pada Jumat kemarin banyak dimanfaatkan untuk berlibur, terutama karena berbarengan dengan air pekan.

Sementara itu, puncak arus balik libur panjang Idul Adha 2017 diprediksi akan jatuh pada Minggu (3/9/2017) besok.

Diperkirakan, ada lonjakan kendaraan di sejumlah gerbang tol menuju Jakarta pada hari itu.

AVP Corporate Communications Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, salah satu gerbang tol yang mengalami lonjakan kendaraan saat arus balik itu yakni Gerbang Tol Cikarang Utama.

(Baca juga : Warga Rayakan Penangkapan Wali Kota Tegal dengan Cukur Rambut hingga Gundul)

Gerbang tol tersebut merupakan salah satu akses menuju Jakarta yang berasal dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan sekitarnya.

"Volume lalu lintas GT Cikarang Utama pada hari Minggu, 3 September 2017 diprediksi sebesar 97.086 kendaraan, atau meningkat 25 persen dari lalu lintas normal yaitu sebesar 77.331 kendaraan," ujar Heru dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/9/2017).

Heru menyatakan, pihaknya akan memaksimalkan 31 gardu tol yang menuju arah Jakarta untuk mengantisipasi kemacetan pada arus balik.

Selain itu, pihaknya akan mengalihkan kendaraan melalui Gerbang Tol Cikarang Barat 2 jika terjadi antrean di Gerbang Tol Cikarang Utama lebih dari 1 km.

(Baca juga : 6 Meme Dandan Ala Anniesa Hasibuan yang Viral! Nomor 5 Paling Serem)

"Sementara untuk mengurai kepadatan lalu lintas setelah GT Cikarang Utama yang menuju Jakarta, Jasa Marga akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan contraflow mulai dari Km 29 sampai dengan Km 21," kata Heru.

Ia pun pengguna jalan agar dapat mengatur jadwal perjalanan balik menuju Jakarta dan selalu menggunakan uang elektronik untuk pembayaran tol agar dapat mempercepat waktu transaksi. 

(Akhdi Martin Pratama/Kompas.com)