Minuman dan Camilan yang Pas Disantap saat Hujan, Cuman 30 Menit!

By , Minggu, 1 Oktober 2017 | 13:05 WIB
ilustrasi (Nova)

NOVA.id - Ditengah-tengah cuaca yang sedang tak menentu, khususnya ketika sedang hujan.

Ada baiknya kita menghangatkan tubuh dengan minuman disertai camilan yang bisa membuat Anda jadi semakin bersemangat menjalani aktivitas, meskipun sedang diguyur hujan.

Berikut dua resep camilan dan minuman yang dijamin cocok menemani Anda dan keluarga sembari menikmati akhir pekan ditengah cuaca hujan.

Baca juga: 3 Cara Mudah Merawat Mobil Saat Musim Hujan

BAJIGUR 10 gelas 30 menit

Bahan: 2.500 ml santan dari 1½ btr kelapa 4 sdt kopi bubuk 375 gr gula merah, sisir halus 125 gr jahe, bakar, kupas, memarkan 6 lbr daun pandan, dibuat simpul 4 cm kayumanis ½ sdt garam

Baca juga: Kenali 6 Penyakit Khas Musim Hujan dan Cegah Pemicunya!

Cara Membuat: 1. Rebus santan, kopi bubuk, gula merah, jahe, daun pandan, kayumanis, dan garam sambil diaduk di atas api sedang sampai mendidih. Angkat dan saring. 2. Sajikan bajigur selagi hangat.

ONGOL-ONGOL 16 potong 30 menit

Bahan: 125 gr gula merah 115 gr gula pasir ½ sdt garam 800 ml air 1 bks tepung hunkwe 3 sdm tepung sagu

Baca juga: 4 Cara Tingkatkan Sistem Imun Tubuh Jelang Musim Hujan

Taburan: 200 gr kelapa parut kasar ¼ sdt garam

Cara Membuat: 1. Kukus kelapa dan garam 15 menit. Aduk rata. Bagi 2 adonan. Satu bagian ditaburkan di dasar loyang 18x18x4 cm. Sisihkan. 2. Rebus gula merah, gula pasir, garam, dan air. Saring. Dinginkan. 3. Tuang ke dalam campuran tepung hunkwe dan tepung sagu. Aduk rata. Masak sampai mendidih dan kental. 4. Tuang ke dalam loyang. Taburkan sisa kelapa. Tekan-tekan. 5. Biarkan dingin. Potong-potong. (*)

Resep: Riyo Jatika Lestasi Uji Dapur: Tim Dapur Sedap Saji