Segera Jadi Orang Batak, Ini Boru yang Akan Diberikan pada Kahiyang Ayu

By Amanda Hanaria, Selasa, 21 November 2017 | 04:00 WIB
Mengenakan gaun biru langit senada dengan kerudung dan sepatunya, Kahiyang tampak cantik bak putri raja, Minggu (19/11) (Amanda Hanaria)

NOVA.id - Penyematan boru Siregar akan diberikan kepada Kahiyang Ayu, dalam acara penabalan marga di kediaman Paman Bobby, Doli Sinomba Siregar di Medan, Selasa (21/11).

Paman Bobby, Erwan Rozadi Nasution mengatakan untuk persiapan penabalan marga, keluarganya dari marga Nasution sudah mempersiapkan persyaratan-persyaratan apa saja yang harus dibawa.

Baca juga: Make Up Wajahnya Disebut 'Kayak Hantu' Saat Pernikahan, Kahiyang Ayu Jadi Trauma

“Besok kami dari marga Nasution akan meminta kepada keluarga Siregar, agar Kahiyang Ayu diberikan marga Siregar,” kata Erwan di Media Center, Senin (20/11).

Namun upacara adat ini tak mudah. Keluarga dari pihak Kahiyang Ayu harus membawa sejumlah persyaratan.

"Dari hasil kesepakatan kita tadi malam, kita akan membawa syarat perlengkapan seperti kain sarung, ingot-ingot atau cinderamata berupa uang logam agar tahan di simpan, tali kerbau beserta dengan makanan-makanan yang diperlukan dalam acara adat seperti wajik dan kue lainnya," ungkap Erwan.

Baca juga: Hemat 70%, Dapatkan Handuk Premium Terry Palmer Hanya di Alfamidi

Erwan menuturkan, tali kerbau di bawa hanya sebagai bentuk simbolis pemberian saja.

Karena menurutnya tidak mungkin membawa langsung kerbau dalam acara adat tersebut.

"Yang jelas untuk acara adat besok kita akan menyembelih satu ekor kerbau sebagai bentuk simbolis saja," jelas Erwan. (*)

Anita K Wardhani/Tribunnews.com Sumber: Tribun Medan