Siaga 1! Warga Sekitar Bogor dan Jakarta Dihimbau Bersiap Hadapi Banjir Mulai Sore Ini

By Amanda Hanaria, Senin, 5 Februari 2018 | 08:15 WIB
Warga berdatangan ke Bendungan Katulampa, Bogor, Senin (5/2) (Amanda Hanaria)

NOVA.id - Imbas tingginya intensitas hujan yang terjadi sejak Senin (5/2) dini hari, membuat tinggi muka air di Bendungan Katulampa sudah mencapai 240 cm dan berstatus siaga 1.

Kondisi ini disampaikan langsung oleh Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto, disela-sela kunjungannya ke Bendungan Katulampa, Senin (5/2) pagi tadi.

Baca juga: Banjir Mulai Menggenangi Wilayah Jakarta Timur, Begini yang Dilakukan Warga Bantaran Kali Ciliwung

"Warga Bogor, bendungan Katulampa sekarang sudah siaga 1, 240 cm ketinggiannya, jadi agar semuanya waspada," jelasnya ditengah-tengah hujan yang sedang mengguyur kota Bogor pagi tadi.

Mengingat cuaca hujan yang terus mengguyur area Bogor dan sekitarnya dimulai dari intensitas rendah hingga tinggi, Arya juga menghimbau agar warga yang tinggal dan berada di sekitar bantaran kali Ciliwung untuk ekstra waspada.

Baca juga: Berjuta Kebaikan dalam Segelas Susu Gurih Tanpa Garam yang Wajib Kita Tahu

"Dilaporkan sudah 13 titik yang tergenang air di kota Bogor, Jadi waspada yang ada di bantaran sungai, di pinggir aliran sungai agar waspada karena ini kondisinya air volumenya luar biasa," tambahnya.

Tak hanya itu, mengingat wilayah sekitar Bogor seperti Jakarta juga berpotensi terkena dampak akibat tingginya curah hujan yang terjadi di Bogor, Arya juga mengingatkan warga Jakarta untuk bersiap.

Baca juga: Tak Perlu Was-Was Memulai Bisnis Bakery Asal Ada Tepung Premix, Ini Alasannya

"Juga untuk warga Jakarta saya minta waspada juga, diperkirakan mungkin sekitar jam 8, jam 9 malam air sudah tiba di Jakarta. Jadi lebih baik tinggal di rumah saja, enggak usah kemana-mana warga Jakarta. Hati-hati," jelasnya.

Sementara itu, disaat yang bersamaan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga menghimbau warga yang bermukim di sekitar aliran sungai Ciliwung waspada dan bersiap menghadapi banjir.

Baca juga: Belanja Produk Ritel Kekinian Hanya di Easy Shopping, Mudah dan Terpercaya!

 "Saya mengimbau kepada warga yang berada di aliran sungai, khususnya sungai Ciliwung untuk waspada," ujar Anies di Balai Kota, Senin (5/2), dikutip dari Kompas.com. (*)