Duh, Ternyata Menyimpan Sikat Gigi di Kamar Mandi Justru Berbahaya Bagi Kesehatan, loh! Berikut Penjelasannya

By Healza Kurnia, Sabtu, 3 Maret 2018 | 10:00 WIB
Menaruh sikat gigi di kamar mandi ternyata berdampak buruk bagi kesehatan (Healza Kurnia Hendiastutjik)

NOVA.id - Jika melihat pemandangan sebuah kamar mandi, tentu kita bisa melihat bahwa berbagai perlengkapan kamar mandi berada dan tersedia di dalam sana semuanya.

Ada yang terkadang masih terbungkus rapi dalam kemasan, namun ada juga yang dibiarkan terbuka di tempat perlengkapan mandi.

Tapi, hampir semua orang suka meletakkan sikat gigi di kamar mandi karena memang mudah untuk mengambil dan menggunakannya dibanding disimpan di tempat lain.

Baca juga: Simak Kisah Sri Purwanti, Sukses Sulap Bahan yang Biasa Dipandang Sebelah Mata Jadi Panganan yang Mendunia

Namun, ternyata kebiasaan ini malah buruk dari segi kesehatan.

Dilansir dari Prevention, menyimpan sikat gigi di kamar mandi membuat alat yang biasa kita gunakan untuk membersihkan bagian dalam mulut itu berpotensi menjadi sarang bakteri.

Para peneliti dari Quinnipiac University telah menemukan kandungan kotoran manusia di 60 persen sikat gigi yang diletakkan di kamar mandi, tak peduli bagaimana pun cara sikat gigi tersebut diletakkan.

Baca juga: Wajib Disimak, Minum Ayamnya Punya Manfaat Bagi Kita Sekeluarga

Bahkan menyiram toilet dengan kondisi tertutup pun tidak menyelesaikan masalah ini.

Menggunakan penutup sikat gigi malah akan membuat bakteri terjebak di dalam, karena sikat gigi tidak bisa kering di antara saat penggunaan.

Jadi walaupun terdengar konyol, akan jauh lebih baik jika kita menyimpan sikat gigi di tempat kering lain di luar kamar mandi.(*)